Find Us On Social Media :

Tren Ponsel Layar Lipat Genjot Permintaan dan Harga Papan PCB

By Adam Rizal, Sabtu, 9 Maret 2019 | 16:00 WIB

Ilustrasi ponsel lipat Royole Flexpai

Tren ponsel layar lipat menjadi berkah bagi vendor smartphone termasuk perusahaan yang menyuplai bahan materialnya seperti para produsen Printed Circuit Board (PCB) di Taiwan.

Sejauh ini vendor smartphone yang sudah meluncurkan ponsel lipat adalah Samsung dengan Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Galaxy Fold hadir pada 26 April 2019 dan Mate X hadir pada pertengahan tahun ini.

Sejumlah pabrikan ponsel pun telah memesan PCB desain baru kepada para penyuplainya. Adanya perubahan pesanan ini, membuat para perusahaan tersebut akan membayar dengan harga lebih tinggi perunit.

Komponen PCB sendiri digunakan untuk mendukung wiring (penataan dan pengaturan kabel) dan sejumlah komponen di dalam sebuah ponsel.

Berbagai jenis PCB digunakan di dalam smartphone layar lipat, termasuk yang memiliki desain fleksibel.

Saat ini para manufaktur PCB di Taiwan memiliki pangsa pasar terbesar di dunia sehingga akan mendominasi pasar dengan kedatanganan era ponsel lipat seperti dikutip Phone Arena.

Sebuah perusahaan di Taiwan, Uniflex Technology, saat ini menjadi rantai penyuplai untuk lini Galaxy S10.

Namun untuk Galaxy Fold, sumber sebagian besar PCB smartphone tersebut dilaporkan berasal dari sebuah perusahaan di Korea Selatan.