Find Us On Social Media :

Promo Terus, Bagaimana Perusahaan e-commerce Meraih Pendapatan?

By Adam Rizal, Jumat, 8 Maret 2019 | 18:00 WIB

Inilah 2 Kunci Sukses Bisnis e-Commerce Indonesia di Masa Depan

Saat ini bekerja di perusahaan e-commerce seperti Amazon dan Alibaba menawarkan gengsi tersendiri karena gaji yang ditawarkan cukup menggoda dan fasilitas yang diberikan.

Apalagi, saat ini Indonesia sudah memiliki dua startup e-commerce yang menyandang status unicorn yaitu BukaLapak, dan Tokopedia.

Unicorn sendiri adalah merujuk kepada startup yang memiliki nilai valuasi di atas 1 miliar dolar AS.

Lantas dari manakah keuntungan perusahaan e-commerce itu?

Salah satu cara e-commerce mendapatkan pemasukan adalah mencari suntikan dana dari investor. Hal ini dilakukan Tokopedia yang mendapat suntikan dana dari Softbank dan Alibaba atau Bukalapak dengan Mirae Asset-Naver Asia Growth Fund. Selain itu, keuntungan situs e-commerce juga berasal dari komisi para pedagang yang berjualan di situsnya. Menariknya, ada juga e-commerce yang tidak meminta komisi pada para penjualnya.

Menurut iPrice, ada tujuh cara lain bagi perusahaan e-commerce untuk mendapatkan pemasukan. Pertama, mereka bisa menawarkan keanggotaan berbayar. E-commerce akan membiarkan para penjual menjajaki jualannya dengan gratis. Namun, mereka menyediakan fitur-fitur khusus yang hanya bisa dinikmati oleh penjual yang menjadi anggota berbayar.

Monetisasi e-Commerce

Fitur premium yang ditawarkan beragam, mulai dari penataan tampilan toko, statistik penjualan, pengelolaan produk, kuota etalase yang lebih banyak, hingga pemilihan strategi agar produk bisa menajdi laku. Cara lainnya adalah dengan menyediakan iklan atau promosi berbayar pada penjual. Para penjual bisa memanfaatkan fitur ini bahkan jika mereka bukan anggota berbayar. Ketiga, perusahaan e-commerce bisa menyediakan keanggotaan toko resmi. Biasanya, keanggotaan toko resmi hanya ditawarkan pada penjual yang memiliki merek resmi dan menjual barang orisinal.

Penjual yang menjadi toko resmi akan dapat menampilkan produk mereka di halaman eksklusif. Keanggotaan toko resmi biasanya juga merupakan jaminan bahwa sebuah toko akan menawarkan pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman. Perusahaan e-commerce juga bisa menawarkan jasa pembuata konten. Biasanya, ini ditawarkan untuk penjual yang ingin agar etalase tokonya terlihat profesional. Jasa yang ditawarkan beragam, mulai dari konten berupa teks, foto, hingga teknik SEO (Search Engine Optimization). Mereka juga bisa menawarkan workshop berbayar bagi penjual yang ingin belajar tentang strategi berjualan untuk meningkatkan penjualan. Membuat jasa pengiriman barang sendiri juga bisa jadi salah satu cara bagi perusahaan e-commerce untuk mendapatkan pemasukan. Dengan ini, perusahaan juga bisa mengoptimalkan waktu dan biaya pengiriman produk. Terakhir, situs e-commerce bisa menawarkan produk digital, seperti pulsa, uang elektronik, tiket transportasi, asuransi kesehatan dan lain sebagainya.