Find Us On Social Media :

Integrasikan WhatsApp, Instagram dan Facebook, Facebook Fokus ini Dulu

By Adam Rizal, Sabtu, 9 Maret 2019 | 17:00 WIB

PARIS, FRANCE - MAY 23: Facebook CEO Mark Zuckerberg leaves the Elysee Presidential Palace after th

Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO Facebook) tidak main-main dengan keinginannya yang akan mengintegrasikan platformnya WhatsApp, Instagram dan Facebook.

Sebagai langkah awal, Zuck sapaan akrab Zuckerberg akan melakukan perombakan besar bagaimanan aplikasi pesannya bekerja.

Zuck akan fokus menjaga privacy penggunanya terlebih dahulu. Caranya, Facebook akan meningkatkan enkripsi dan menolak untuk menyimpan data di negara-negara dengan catatan hak asasi manusia yang buruk.

Zuck mengatakan saat ini kalau Anda ingin mengirim pesan orang-orang di Facebook, Anda harus menggunakan Messenger. Di Instagram, Anda harus menggunakan Direct, dan di WhatsApp kamu harus menggunakan WhatsApp.

"Orang dapat memilih layanan yang mereka inginkan untuk berkomunikasi dengan orang. Kami ingin memberi orang pilihan sehingga mereka dapat menjangkau teman-teman mereka di seluruh jaringan ini dari aplikasi mana pun yang mereka inginkan," katanya seperti dikutip Independent.

Hebatnya, integrasi Facebook juga melibatkan pengiriman SMS. Jadi memungkinkan pengguna mengirim SMS ke seseorang memakai Facebook Messenger.

Namun, rencana Facebook itu menuai respon negatif. Bahkan, pendiri WhatsApp dan Instagram dikabarkan angkat kaki lantaran terjadi perselisihan yang bersumber pada rencana integrasi platform di masa depan.

Zuck pun terus melanjutkan rencananya dan memastikan privasi menjadi fokus utamanya. Alasannya, pesan pribadi menjadi metode yang paling umum dan populer digunakan orang untuk berinteraksi dengan orang lain.

"Ketika saya memikirkan masa depan internet, saya percaya platform komunikasi yang berfokus pada privasi akan menjadi lebih penting daripada platform terbuka saat ini. Saya berharap versi Messenger dan WhatsApp di masa depan menjadi cara utama orang berkomunikasi di jaringan Facebook," kata Zuck.

Zuck pun menjelaskan mengapa orang lebih suka jaringan pribadi karena orang-orang lebih berhati-hati untuk memiliki catatan permanen tentang apa yang telah mereka bagikan.

"Saya percaya masa depan komunikasi akan semakin bergeser ke layanan pribadi yang terenkripsi," ucapnya.

Zuck memastikan proses integrasi akan bertahap selama setahun.

"Sebagai masyarakat, kita memiliki kesempatan untuk menentukan di mana kita berdiri, untuk memutuskan bagaimana kita menghargai komunikasi pribadi, dan siapa yang akan memutuskan, berapa lama dan di mana data harus disimpan," ujarnya.