Find Us On Social Media :

Jika Terpilih, Capres AS ini akan Bubarkan Facebook, Google dan Amazon

By Adam Rizal, Selasa, 12 Maret 2019 | 16:00 WIB

Calon presiden Amerika Serikat (AS) Senator Elizabeth Warren berjanji akan membubarkan perusahaan teknologi besar Facebook, Google dan Amazon, jika ia terpilih menjadi presiden AS pada 2020.

Calon presiden Amerika Serikat (AS) Senator Elizabeth Warren berjanji akan membubarkan perusahaan teknologi besar Facebook, Google dan Amazon, jika ia terpilih menjadi presiden AS pada 2020.

Warren beralasan perusahaan teknologi besar itu mengontrol terlalu besar hidup orang AS. Ia pun akan meninjau ulang peraturan yang berlaku di Silicon Valley dan akan membuat aturan khusus untuk perusahaan dengan pemasukan tahunan secara global lebih dari USD 25 miliar.

"Perusahaan teknologi saat ini mempunyai kekuatan terlalu besar baik di ekonomi, komunitas maupun demokrasi kita. Mereka menghancurkan kompetisi, menggunakan informasi privat kita untuk keuntungan mereka, dan bertarung dengan semuanya," tulis Warren di postingan blognya.

Warren pun akan mencari cara untuk menolak merger anti monopoli seperti ketika Facebook mengakuisisi Instagram dan Amazon mengakuisisi Whole Foods. Caranya, ia akan mencari regulator yang akan mengusahakan spin off di perusahaan-perusahaan sebelumnya diakuisisi oleh Facebook dan Google.

"Saya tak menginginkan pemerintah bekerja untuk perusahaan teknologi besar. Saya menginginkan perusahaan yang bekerja untuk masyarakat," ujarnya seperti dikutip The Verge.

Warren sendiri merupakan seorang senator dari Massachusetts dan advokat anti monopoli terkenal menyerang bank-bank besar ketika krisis finansial terjadi pada 2007-2009.

"Kita harus membantu pembuat konten Amerika, dari koran lokal hingga majalah nasional, hingga komedian dan musisi, menjaga lebih banyak nilai yang dihasilkan konten mereka, ketimbang melihatnya diambil oleh perusahaan seperti Google dan Facebook," katanya.