Find Us On Social Media :

realme 3 Resmi Diluncurkan di Indonesia dengan Tiga Kombinasi Memori

By Cakrawala, Rabu, 13 Maret 2019 | 16:46 WIB

Josef Wang (Marketing Director, realme SEA, tengah) berfoto bersama stakeholder realme lain ketika peluncuran secara resmi realme 3 di Indonesia hari Selasa lalu.

realme yang dikenal dengan smartphone-nya yang memiliki perbandingan antara spesifikasi dan harga yang bagus, kembali menghadirkan produk terbarunya di Indonesia. realme 3 yang baru diluncurkan resmi ini pun meneruskan "tradisi" tersebut dengan menggunakan SoC yang relatif tinggi untuk smartphone dengan harga kurang dari Rp2,5 juta. Menyasar anak muda, realme 3 juga dilengkapi sejumlah fitur lain yang memudahkan kawula muda menjalankan aktivitasnya.

"Power meet style adalah sebuah filosofi produk yang ngotot kami gunakan sebagai tema desain produk sejak hari pertama kami memulai perjalanan ini. Hal ini pula yang membawa kita ke sini, hari ini, dengan memberikan produk untuk anak muda dengan inovasi terkini, kinerja bertenaga, dan desain mencengangkan," ujar Josef Wang (Marketing Director, realme SEA) di awal acara peluncuran reame 3 kemarin.

Adapun SoC yang digunakan realme 3 adalah MediaTek Helio P60. MediaTek Helio P60 ini bisa dibilang kinerja CPU-nya cukup bersaing dengan Qualcomm Snapdragon 660. Namun kinerja GPU-nya memang masih tertinggal. Baik MediaTek Helio P60 maupun Qualcomm Snapdragon 660 digunakan oleh beberapa smartphone yang ditawarkan dengan harga di atas Rp3 juta. Melengkapi SoC MediaTek Helio P60, realme memasangkan tiga varian memori, tepatnya tiga kombinasi memori utama dan media simpan. Ketiga varian tersebut adalah memori utama 3 GB  dan media simpan 32 GB, memori utama 3 GB  dan media simpan 64 GB, serta memori utama 4 GB  dan media simpan 64 GB.

realme 3 hadir pula dengan layar berukuran 6,2 inci dengan resolusi 1.520 x 720 piksel (resolusi yang HD+ tentunya membantu kinerja ketika bermain game tertentu) dan memiliki notch kecil yang disebut Dewdrop, baterai berkapasitas 4.230 mAh, sistem operasi Android 9 yang dilengkapi ColorOS 6.0, dan bodi yang sisi belakangnya menggunakan warna bergradasi. Layar yang digunakan juga telah dilapisi oleh lapisan pelindung Gorilla Glass 3, dan baterainya ditemani Content Adaptive Brightness Control yang bisa meningkatkan daya tahan sebelum harus diisi ulang. Fitur yang terakhir ini diklaim bisa membuat realme 3 bertahan lebih lama ketiga digunakan dibandingkan smartphone dengan baterai 5.000 mAh untuk satu kali pengisian penuh.

realme 3 dilengkapi dengan 3 kamera, 1 di depan dan 2 di belakang. Fitur pada kamera seperti Nightscape pun menjadi salah satu yang diunggulkan smartphone ini.

Sementara untuk kameranya, realme memasangkan kamera belakang ganda, terdiri dari kamera belakang utama dengan resolusi 13 MP dan aperture f/1,8 serta kamera belakang kedua dengan resolusi 2 MP yang ditujukan sebagai depth sensor. Kamera depannya sendiri menggunakan resolusi 13 MP dengan aperture f/2,0.

Kamera yang baru disebutkan ini pun menjadi salah satu fasilitas realme 3 yang paling disorot oleh realme. Kamera belakang misalnya dilengkapi dengan fitur yang disebut dengan Nightscape dan Chroma Boost. Nightscape ditujukan untuk mengambil foto saat cahaya minim maupun pada malam hari. Dengan Nightscape, realme 3 diklaim bisa menghasilkan foto yang bagus meski pada kondisi temaram. Mengambil foto dengan Nightscape akan membutuhkan waktu yang lebih lama berhubung fitur ini akan mengambil banyak frame untuk kemudian digunakan membentuk frame akhir. Sementara Chroma Boost adalah fitur yang akan meningkatkan warna dari foto yang diambil. Sebagai contoh, dengan Chroma Boost warna merah akan tampil lebih menyala.

Sebagai produsen smartphone yang menargetkan kawula muda, realme tentunya menghadirkan fasilitas untuk mempercantik selfie pada realme 3. Fasilitas beautify yang dihadirkan memungkinkan pengguna untuk antara lain memuluskan kulit, memperkecil hidung, dan membuat wajah lebih tirus.

realme 3 hadir dengan warna Dynamic Black dan Radiant Blue serta ditawarkan dengan harga Rp1.999.000 untuk yang 3 GB + 32 GB, Rp2.099.000 untuk yang 3 GB + 64 GB, dan Rp2.399.000 untuk yang 4 GB + 64 GB. Khusus varian yang paling terjangkau, pada penjualan perdana di Lazada pada tanggal 20 Maret 2019 pukul 11:00 WIB, akan ditawarkan dengan harga Rp1.799.000.