Find Us On Social Media :

Susah Akses Facebook? Inilah Cara Mengecek Apakah Facebook Bermasalah

By Wisnu Nugroho, Kamis, 14 Maret 2019 | 13:44 WIB

Inilah cara mengecek apakah Facebook sedang bermasalah atau tidak

Selama lebih dari 6 jam, layanan Facebook bermasalah. Masalah ini bukan cuma menimpa Facebook, namun juga layanan keluarga besarnya seperti Instagram, Whatsapp, sampai Oculus. Untungnya, sekitar jam 10 pagi ini, hampir semua layanan tersebut berfungsi normal; setidaknya di Indonesia.

Ketika sebuah layanan populer seperti Facebook bermasalah, biasanya kita cek kanan-kiri untuk memastikan apakah masalah ada di Facebook atau cuma kita. Namun selain bertanya, kita sebenarnya bisa mengecek availability Facebook (atau situs lain) dengan mudah. Di internet, ada banyak situs yang fungsinya khusus mengecek availability sebuah layanan.

Berikut adalah layanan populer yang bisa Anda gunakan.

  1. Uptrends

Uptrend akan mengecek availability sebuah situs atau layanan dari berbagai titik di dunia

Uptrends pada dasarnya adalah perusahaan yang memiliki solusi seputar monitoring performa situs. Namun mereka memiliki layanan gratis bernama Uptime Check yang akan mengecek availability sebuah situs dari beberapa titik di dunia (termasuk Jakarta). Dengan tools ini, Anda pun bisa mengetahui apakah sebuah situs down atau tidak.

Cara melakukan pengecekan cukup mudah. Anda cukup memasukkan alamat sebuah situs, dan Uptrends akan menampilkan laporan availability dari semua titik pengujian mereka di seluruh dunia.

Situs yang mirip seperti Uptrends adalah:

 

  1. Down Detector

Down Detector mengumpulkan informasi dari Twitter dan pengguna untuk mendeteksi masalah dari sebuah situs

Situs Down Detector ini bisa dikategorikan sebagai pengumpul informasi jika ada situs yang down. Situs ini tidak mengecek sendiri apakah sebuah situs down atau tidak, melainkan hanya mengumpulkan dari berbagai sumber. Sumber utama informasi berasal dari keluhan pengguna di Twitter, yang kemudian dikombinasikan dengan pengaduan pengguna di situs ini.

Jadi, kualitas informasi Down Detector memang sangat tergantung informasi dari pengguna. Namun karena situs ini sudah cukup terkenal, informasi yang masuk dari pengguna cukup berkualitas, sehingga bisa jadi pegangan apakah sebuah situs bermasalah atau tidak.

Di halaman depan situs ini, Anda akan mendapati link untuk situs-situs besar, seperti Google, Instagram, Whatsapp, dan lain sebagainya. Anda tinggal salah satu link tersebut, dan Anda akan mendapati grafik yang menunjukkan jumlah laporan dari availability situs tersebut. Selain itu, ada pula fitur Live Outage Map yang menunjukkan lokasi laporan.  

Situs yang mirip Down Detector adalah: