Find Us On Social Media :

Western Digital Mulai Sediakan Varian NVMe untuk Seri Blue di Dunia

By Cakrawala, Kamis, 14 Maret 2019 | 21:51 WIB

SSD yang menggunakan PCI-Express untuk koneksinya dan memanfaatkan NVMe untuk logical device interface-nya, memungkinkan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan SSD yang menggunakan SATA. Setelah selama ini SSD dengan antarmuka seperti ini menjadi kekhasan dari seri Black, Western Digital hari ini mulai menawarkan SSD dengan PCI-Express dan NVMe untuk seri Blue-nya, SN500 NVMe SSD, di dunia. Seri Blue sendiri adalah seri menengah yang terletak di antara seri Black yang ditujukan untuk yang mementingkan kinerja dan seri Green yang ditujukan untuk yang mementingkan biaya.

"Perubahan konten dari 4K dan 8K berarti sekarang adalah waktu yang tepat untuk editor foto dan video, pembuat konten, pengguna yang banyak menggunakan data, dan PC enthusiast untuk bertransisi dari SATA ke NVMe," ujar Eyal Bek (Vice President Marketing, Data Center and Client Computing, Western Digital). "WD Blue SN500 NVMe SSD akan membolehkan konsumen untuk membangun notebook dan PC berkinerja tinggi dengan kecepatan yang cepat dan kapasitas yang mencukupi pada sebuah form factor yang andal, kuat, dan langsing.

WD Blue SN500 NVMe SSD diklaim menggunakan 3D NAND, firmware, dan controller milik Western Digital sendiri. Kecepatan transfer yang ditawarkannya diklaim mencapai 1.700 MB/s untuk pembacaan sequential, dan mencapai 1.450 MB/s untuk penulisan sequential. Bila dibandingkan dengan SSD SATA, antarmuka SATA yang digunakan akan membatasi kecepatan transfer tersebut tidak akan lebih dari 600 MB/s. Pasalnya SATA versi tertinggi, SATA 6 Gbps, hanya memiliki kecepatan transfer teoritis maksimal sebesar 600 MB/s. Pada prakteknya, kecepatan setinggi itu tidak akan tercapai, hanya mendekati.

Menggunakan PCI-Express generasi ketiga dengan lajur sebanyak dua, kinerja yang ditawarkan WD Blue SN500 NVMe SSD tidak akan terhambat. Secara teoritis, PCI-Express 3.0 x2 bisa memberikan kecepatan transfer maksimal mendekati 2.000 MB/s. Sementara untuk form factor-nya, WD Blue SN500 NVMe SSD menggunakan M.2 2280.

Western Digital menawarkan dua varian dari SSD terbarunya ini. Pertama yang memiliki kapasitas 500 GB dan kedua yang memiliki kapasitas 250 GB. Namun, sejauh ini belum tersedia harga resmi dan waktu ketersediaan resmi dari WD Blue SN500 NVMe SSD di Indonesia.