Find Us On Social Media :

Penembakan Masjid di New Zealand, Pelaku Live Streaming di Facebook

By Wisnu Nugroho, Jumat, 15 Maret 2019 | 10:39 WIB

Ilustrasi ruang War Room Facebook

Pada pukul 13.40 setempat (atau sekitar pukul 7.30 WIB) telah terjadi penembakan terhadap jamaah masjid di Christchurch, sebuah kota di New Zealand. Akibat penembakan ini, setidaknya enam orang tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Yang tragis dari penembakan ini adalah pelaku melakukan live streaming di Facebook saat melakukan penembakan. Di video tersebut, ia sempat meneriakkan “subscribe to Pewdiepie” sebelum keluar dari mobil dan masuk ke masjid. Video tersebut telah banyak beredar di Youtube dan Twitter, meski kami menyarankan untuk tidak melihatnya karena sadis dan tidak berperikemanusiaan.

Menurut saksi mata, sang penembak masuk mesjid dari sisi belakang. Setidaknya ada 200 orang di dalam mesjid tersebut, dan penembakan berlangsung sekitar 15-20 menit. Sang pelaku penembakan kemudian

Di area tersebut juga ada rombongan atlet cricket Bangladesh yang sedang melakukan Sholat Jumat, namun semuanya selamat dari kejadian memilukan ini.

Penembakan terhadap mesjid ini ternyata bukan satu-satunya. Di saat hampir bersamaan, terjadi penembakan di mesjid lain di kota yang sama. Sampai saat ini, belum jelas siapa penembak dan apa motifnya.

Akibat kejadian ini, seluruh mesjid di New Zealand akan ditutup untuk sementara.

UPDATE: Facebook blokir akun dan video penembakan