Find Us On Social Media :

Metodologi Design Feeling untuk User Interface Lebih Humanis

By Liana Threestayanti, Jumat, 15 Maret 2019 | 19:10 WIB

Google menawarkan pendekatan design feeling untuk menciptakan UI yang lebih humanis.

Mungkinkah membuat user interface (UI) yang lebih humanis, yang mampu merasakan kegembiraan atau kesedihan pengguna? Google Empathy Lab menawarkan pendekatan design feeling untuk mewujudkannya.

Menurut Danielle Krettek, Founder Empathy Research Lab Google, mesin tidak mungkin bisa berempati. Namun dengan artificial intelligence yang tepat, asisten digital dapat melakukan suatu lompatan empati (empathic leap) sehingga mereka bisa menjadi semacam kopilot di samping manusia. Bukan menjadi manusia, tetapi akan lebih memahami manusia.

Untuk mewujudkan kemampuan itu, seperti dikutip dari situs web ComputerWeekly.com, Danielle menyarankan organisasi bisnis mulai memikirkan metodologi design feeling, sebagai kelanjutan dari design thinking. Metodologi design thinking sendiri kini banyak digunakan untuk menciptakan konsep-konsep desain yang lebih inovatif dan humanis. Dengan metode design feeling, para pengembang aplikasi dapat memfokuskan pada pembuatan desain yang memungkinkan user untuk merasakan.

Danielle Krettek yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang filosofi dan fisika memaparkan tiga jenis user interface. Pertama adalah UI jenis super-informative, neutral, dan empathetic user interface. Jenis yang ketiga ini tidak terlalu informasti  tetapi dapat membangun hubungan emosional dengan user.

Empathetic interface dapat menginterpretasikan nada suara—atau kata-kata—dan merespons tidak hanya dengan informasi tetapi dengan response emosional yang pantas. Misalnya, pertanyaan yang bernada marah atau frustasi akan direspons oleh bot dengan nada kalem. Sementara suara atau kata-kata yang bernada ingin tahu akan dibalas dengan nada bicara santai oleh bot.

Ini perbedaan design thinking dan design feeling menurut Google Empathy Lab:

Design thinking Design feeling
Produk Kehadiran
Bersifat transaksi Bersifat relasi
Keterlibatan Hubungan dan kepedulian
Data dan machine learning Nilai, kepercayaan, dan pertumbuhan yang selaras
IQ dan pengetahuan  EQ dan kearifan
Cepat    Lambat
Penciptaan    Intensi
Apa yang dilakukan  Bagaimana rasanya