Find Us On Social Media :

Hati-hati! Keseringan Pakai AirPods Nirkabel Bisa Sebabkan Kanker

By Adam Rizal, Selasa, 19 Maret 2019 | 15:30 WIB

Hati-hati! Keseringan Pakai AirPods Nirkabel Bisa Sebabkan Kanker

Saat ini Apple mulai meluncurkan iPhone terbaru tanpa lubang jack audio 3.5 untuk headset sehingga desain iPhone jauh lebih ramping.

Sebagai gantinya, Apple menghadirkan sebuah AirPods yang terhubung secara nirkabel.

Sayangnya, dibalik desain AirPods yang bagus itu menyimpan bahaya kesehatan yang besar. Sekitar 250 ilmuwan dari 40 negara mengungkapkan AirPods dan headphone nirkabel bisa picu kanker.

Perangkat AirPods memiliki kekuatan radiasi medan elektromagnetik non-ionisasi (EMF) yang bisa memengaruhi biologis dan kesehatan. Jaringan bluetooth sendiri menggunakan EMF untuk menransmisikan data berbahaya.

Namun, para ilmuwan menemukan bahwa AirPods dan headphone nirkabel lain lebih berbahaya.

Radiasi AirPods mengarah langsung ke jaringan otak sehingga bisa meningkatkan risiko kanker, stres, hingga kerusakan genetik seperti dikutip News.com.au.

Para ilmuwan pun mengajukan petisi kepada Perserikatan Bangsa Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendorong pengembangan pedoman EMF yang lebih protektif, terutama terkait risiko kesehatan.

Gangguan AirPods dalam jangka panjang bisa meliputi tumor dan fungsi sel abnormal. Bahkan, paparan radiasi EMF kepada manusia bisa merusak DNA.