Find Us On Social Media :

Gelar Ranger Camp, Bukalapak Dorong Kesuksesan Usaha Kecil Di Daerah

By Liana Threestayanti, Senin, 18 Maret 2019 | 09:05 WIB

Terus berdayakan usaha kecil, Bukalapak gelar Ranger Camp Nusantara 2019 untuk para Koordinator Lapangan di daerah

Terus memberdayakan dan memajukan usaha kecil di Indonesia, Bukalapak melalui Komunitas Bukalapak kembali menggelar Ranger Camp Nusantara 2019.

Apa itu Ranger Camp? Acara ini diperuntukkan bagi para Ranger atau Koordinator Lapangan Bukalapak di daerah, dengan tujuan mengapresiasi kontribusi para Ranger tersebut. Acara ini juga menjadi sarana pengembangan kapabilitas para Ranger sebagai pengusaha.

Bertempat di kawasan Sentul, Jawa Barat, Ranger Camp Nusantara ke-4 ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 15 hingga 17 Maret lalu, dan dihadiri oleh seratus Ranger dari seluruh Indonesia.

“Ranger-ranger Komunitas Bukalapak di berbagai daerah ini merupakan perpanjangan tangan kami dalam mendorong pertumbuhan pelapak-pelapak di berbagai daerah. Walaupun ditengah kesibukan mereka berwirausaha, namun dedikasi mereka untuk turut memajukan pelapak di daerah nya baik mendorong mereka untuk go online, maupun berbagi bagaimana mengelola bisnis, sangat patut diapresiasi. Untuk itu, acara Ranger Camp ini diadakan,” Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak.

Kegiatan Ranger Camp ini mencakup pengembangan kapasitas diri sebagai pemimpin, pengembangan ide bisnis, pengembangan kolaborasi dalam komunitas,  serta mendorong terbentuknya opinion leader baru. Sehingga kedepannya, Komunitas-komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia menjadi semakin kompak dan loyal, karena dipimpin oleh para Ranger dengan kredibilitas terbaik.

Melalui Ranger Camp ini, bermunculan para opinion leader baru, misalnya Edy Suryo (29). Pelapak Bukalapak di Blitar ini dulunya bekerja di tempat pencucian mobil selama 3 tahun. Setelah bergabung ke Komunitas Bukalapak dan menjadi Ranger kini Edy Suryo berhasil menjadi pengusaha sukses dengan omzet perbulan mencapai lebih dari 75 juta. Tidak hanya itu Edy juga semakin aktif berkontribusi di berbagai kegiatan, seperti seminar tentang bisnis online, dan juga memberikan inspirasi bagi usaha-usaha kecil di sekitarnya untuk turut berkembang.

Pada tahun 2016, Komunitas Bukalapak hanya ada di lima kota. Namun tahun ini, Komunitas Bukalapak tersebar di 142 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia, dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 30 ribu.

Kegiatan Komunitas Bukalapak juga semakin bertambah. Sampai saat ini, aktivitas Ranger dan Komunitas Bukalapak di akhir 2018 mencapai lebih dari 1000 kegiatan di seluruh Indonesia. Bentuk kegitan tersebut seperti, Kopdar, Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK), program kemitraan,  dan workshop. Bukalapak berharap Komunitas Bukalapak dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat sekitar.