Find Us On Social Media :

Bukan Lagi Facebook, Instagram Jadi Media Sosial Terfavorit Gen Z

By Adam Rizal, Kamis, 21 Maret 2019 | 15:30 WIB

Facebook dan Instagram

Sebuah survei Business Insider dan Streetbees mengungkap Gen Z menjadikan Instagram sebagai media sosial favorit, menyingkirkan Facebook yang berada di posisi kedua. Gen Z sendiri adalah anak muda yang berusia 18-25 tahun.

Survei itu melibatkan 1.235 responden di Inggris, Amerika Serikat, dan India yang 820 di antaranya berada di usia 18-25 tahun.

Ketika ditanya apa platform medsos sosial favorit, 36 persen responden menjawab Instagram. Facebook berada di posisi kedua dengan 26 persen.

Ada beberapa Gen Z yang mengatakan mereka meninggalkan Facebook karena alasan isu privasi seperti skandal Cambridge Analytica tetapi sebagian besar bisa disimpulkan meninggalkan Facebook karena sudah tidak lagi trendi.

Salah satu responden berusia 19 tahun mengatakan bahwa ia saat ini tidak sering menggunakan Facebook lagi karena teman-temannya lebih banyak menggunakan Instagram atau WhatsApp.

Sebelas pengguna mengatakan bahwa Facebook saat ini membosankan dan salah satu pengguna mengatakan bahwa mereka tidak bisa lagi bebas di Facebook karena penuh dengan anggota keluarga.

"Ini tidak lagi menarik, orang tua lebih banyak menggunakannya dan feed saya sering dipenuhi dengan postingan politik yang mengganggu," kata seorang responden berusia 25 tahun seperti dikutip Business Insider.

"Saya telah pindah ke Instagram sehingga saya bisa lebih fokus pada hidup dan makanan dan jalan-jalan," ucapnya.

Selain itu, ada responden yang mengatakan tampilan aplikasi Facebook sudah ketinggalan zaman dan tidak ada lagi fitur baru yang menarik.

Banyak juga yang mengeluhkan banyaknya iklan serta akun palsu yang bertebaran di Facebook.