Find Us On Social Media :

LG Akan Hadirkan TV Barunya dengan AI Di Indonesia Dalam Waktu Dekat

By Cakrawala, Rabu, 20 Maret 2019 | 18:50 WIB

AI (artificial intelligence) merupakan salah satu fitur yang menjadi andalan LG pada tahun 2019. Berbagai produk baru LG yang disiapkan untuk hadir di dunia pada tahun 2019 menjadikan AI sebagai fitur unggulannya. Begitu pula dengan TV premiumnya. Bersama AI ini, berbagai TV premium baru LG tersebut dilengkapi pula dengan prosesor baru. Kombinasi ini diklaim LG bisa mengoptimalkan kenikmatan pengguna TV bersangkutan. LG pun memastikan aneka TV baru itu akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

"Disamping sebagai pasar strategis, Indonesia menjadi bagian negara di Asia yang memiliki kecepatan tinggi dalam mengadopsi teknologi terbaru," ujar Julius (TV Product Marketing, LG Electronics Indonesia). "Tawaran pengalaman menonton TV lebih baik melalui pengembangan visual dan audio yang ditunjang interaksi pengguna dan TV yang lebih baik melalui pemanfaatan AI akan menjadi hal pembeda menarik yang menunjang penguatan kepemimpinan kami pada pasar TV di Indonesia," ujarnya lagi.

AI pada TV premium baru LG ini diklaim memiliki sejumlah kemampuan. Misalnya kemampuan untuk mengenali berbagai kualitas konten yang datang dari sumber, lalu memilih metode terbaik untuk mengoptimalkan tampilan konten bersangkutan pada layar. Penanganan konten dengan bit rate rendah akan berbeda dengan bit rate tinggi. Atau kemampuan untuk mengetahui kondisi pencahayaan di sekitar TV (dengan bantuan sensor yang ditanam pada TV) yang kemudian digunakan sebagai informasi untuk menghadirkan tingkat kecerahan yang optimal ketika menampilkan konten HDR. Ini bisa membuat konten HDR tampil dengan warna natural dan tidak kehilangan kedalaman warna.

AI tersebut pun memiliki kemampuan untuk mensimulasikan tata suara 5.1. Meski tata suara dari TV bersangkutan hanya stereo, suara yang dihasilkannya bisa menyerupai tata suara 5.1. Begitu pula dengan kemampuan untuk memproses suara berdasarkan konten. Yang terakhir ini memungkinkan antara lain vokal yang lebih jelas ketika menampilkan video musik.

Menenagai AI ini tentu adalah prosesor baru yang telah disebut. LG menyebut prosesor itu dengan Alpha Gen 2. Prosesor baru tersebut diklaim dilengkapi dengan algoritma terbaru yang memiliki kemampuan deep learning. Melengkapinya disertakan pula database besar mengenai aneka informasi visual.

Para TV premium baru LG ini terbagi ke dalam dua kelompok, yakni OLED dan NanoCell. OLED tentunya merujuk pada panel OLED, sedangkan NanoCell merujuk pada panel LCD dengan teknologi Nano Cell dan backlight LED. Teknologi Nano Cell sendiri diklaim bisa menampilkan lebih banyak warna dan lebih akurat dibandingkan LCD biasa.

Aneka TV baru LG tersebut direncanakan akan hadir pada semester pertama tahun 2019 ini.