Find Us On Social Media :

Redmi Note 7 yang Memiliki Kamera 48 MP Resmi Hadir di Indonesia

By Cakrawala, Jumat, 22 Maret 2019 | 15:09 WIB

Steven Shi (Head of Southeast Asia, Country Head of Xiaomi Indonesia) memamerkan Redmi Note 7 ketika peluncurannya di Jakarta kemarin.

Redmi kemarin resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Note 7, di Indonesia. Redmi Note 7 ini menawarkan beberapa peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. Namun, peningkatan yang paling disorot adalah kamera utamanya yang memiliki resolusi 48 MP. Bukan sekadar menawarkan resolusi lebih tinggi, kamera 48 MP milik Redmi Note 7 bisa pula mengambil gambar dengan mode 4-in-1 Super Pixel. Pada mode tersebut akan dilakukan penggabungan sejumlah piksel untuk mendapatkan gambar dengan noise yang lebih rendah. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengambil foto yang baik dalam banyak kondisi. Smartphone memang sudah menjadi salah satu alat yang sering digunakan untuk mengambil foto di masa kini.

"Jadi, kali ini kami sangat senang untuk memberitahu Anda bahwa kami membuat peningkatan terbesar yang pernah kami lakukan, Redmi Note 7. Saya tahu Anda semua menunggunya. Sang capture all with 48 MP adalah sebuah pengalaman tingkat flagship baru," ujar Steven Shi (Head of Southeast Asia, Country Head of Xiaomi Indonesia).

Tak hanya memiliki resolusi lebih tinggi, ukuran sensor kamera utama dari Redmi Note 7 juga lebih besar dari Redmi Note 6 Pro. Kamera utama Redmi Note 7 menggunakan sensor berukuran 1/2 inci, sedangkan smartphone seri sebelumnya itu sebesar 1/2,6 inci. Meskipun begitu, ukuran per piksel kamera utama Redmi Note 7 tentu lebih kecil karena resolusinya 48 MP, sedangkan Redmi Note 6 Pro resolusinya 12 MP. Nah, bila membutuhkan ukuran piksel yang lebih besar, pengguna bisa menggunakan 4-in-1 Super Pixel. Di sini, 4 buah piksel akan digabung seolah-olah menjadi sebuah piksel besar yang disebut super pixel dengan ukuran 1,6 µm, lebih besar dari Redmi Note 6 Pro yang 1,4 µm.

Redmi mengklaim pada cahaya yang mencukupi, mengambil foto menggunakan Redmi Note 7 memanfaatkan resolusi 48 MP akan bisa menghasilkan foto dengan detail yang lebih tinggi, apalagi ketika di-zoom ke tingkat piksel. Sementara mengambil foto menggunakan Redmi Note 7 memanfaatkan resolusi 12 MP alias 4-in-1 Super Pixel akan bisa menghasilkan foto yang tetap terang dan jelas meski saat pengambilan foto kondisinya temaram. Apalagi dihadirkan pula fitur night mode yang akan mengambil beberapa frame foto dan memanfaatkan informasi darinya untuk membuat sebuah foto final yang tampil lebih terang dan memiliki noise lebih rendah.

Selain menawarkan beberapa peningkatan dibandingkan seri sebelumnya, ukuran notch yang digunakan Redmi Note 7 pun mengecil.

Kamera utama 48 MP ini ditemani pula oleh kamera kedua dengan resolui 5 MP yang membantu menghasilkan bokeh pada foto. Selain itu, Redmi Note 7 tentunya menghadirkan kamera depan untuk selfie dan sejenisnya. Resolusi yang digunakan adalah 13 MP. Baik kamera belakang maupun kamera depan dilengkapi juga dengan artificial intelligence yang bisa mengenali berbagai scene dan mengoptimalkan hasil foto yang diambil.

Menenagai Redmi Note 7 adalah Qualcomm Snapdragon 660 yang diklaim berjalan pada frekuensi lebih tinggi, 2,2 GHz, dibandingkan sejumlah kompetitornya yang 1,95 GHz. Alhasil Redmi Note 7 diklaim memiliki kinerja lebih baik dari sejumlah kompetitiornya itu. Menemani Qualcomm Snapdragon 660 tersebut adalah memori utama 3 GB atau 4 GB dan media simpan 32 GB atau 64 GB. Adapun layar dari smartphone baru ini berukuran diagonal 6,3 inci dengan resolusi 2.340 x 1.080 piksel. Seperti sejumlah smartphone baru lain, Redmi Note 7 juga menggunakan notch berukuran kecil yang disebut Dot Drop. Menariknya lagi, tak hanya layarnya yang dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5 melainkan bodi bagian belakangnya juga. Sementara baterainya berkapasitas 4.000 mAh. Redmi Note 7 telah mendukung Quick Charge 4, tetapi charger yang disertakan belum. Sistem operasinya sendiri adalah Android 9 Pie dengan MIUI 10.

Tersedia tiga pilihan warna untuk Redmi Note 7 yakni Space Black, Neptune Blue, dan Nebula Red. Adapun harga dari Redmi Note 7 adalah sebesar Rp1.999.000 untuk yang menggunakan memori utama 3 GB dan media simpan 32 GB, serta Rp2.599.000 untuk yang menggunakan memori utama 4 GB dan media simpan 64 GB. Penjualannya akan dimulai pada tanggal 27 Maret 2019 di lazada.co.id, serta di mi.com dan Authorized Mi Store. Khusus varian 4 GB/64 GB penjualannya juga akan hadir pada tanggal 28 Maret 2019 di jd.id.