Find Us On Social Media :

Produk Dell, HP, dan Lenovo Telah Penuhi Kriteria Sustainable

By Liana Threestayanti, Kamis, 28 Maret 2019 | 19:05 WIB

Beberapa merek ternama telah penuhi kriteria sebagai produk TI yang sustainable.

Beberapa merek perangkat teknologi informasi (TI) telah tersertifikasi sebagai produk yang sustainable, di antaranya produk dari Dell, HP, dan Lenovo.

TCO Development mengumumkan bahwa beberapa merek ternama di bidang TI memperlihatkan kepemimpinan dalam hal sustainability dengan mensertifikasi produk notebook dan komputer desktopnya sesuai kriteria TCO Certified, generation 8.

TCO Certified, generation 8 diperkenalkan pada bulan Desember 2018 oleh TCO Development. Kriteria-kriteria yang sudah diperbarui itu mendorong tanggung jawab dan transparansi dalam supply chain produk TI. Jika mengikuti kriteria ini, maka produk-produk tersebut harus memenuhi kriteria tahan lama (durable), bisa diperbarui (upgradeable), dan dapat didaur ulang (recyclable).

Dengan mematuhi kriteria tersebut diharapkan tercipta circular economy, yaitu sistem ekonomi yang memanfaatkan sumber daya sebaik mungkin dan menghasilkan sampah sesedikit mungkin. Sertifikasi ini juga akan membantu perusahaan pembeli produk berkontribusi terhadap upaya-upaya mewujudkan sustainability nasional maupun global.

“Ini langkah terbesar kami dalam mencapai sustainable life cycle untuk produk TI. Kriteria di dalam generation 8 sifatnya menyeluruh sekaligus menantang, dan merek-merek yang mengikuti kriteria tersebut memperlihatkan keseriusan mereka di bidang sustainability,” ujar Sören Enholm, CEO TCO Development.

Ada banyak isu-isu sustainability yang dihadapi industri TI dan kebanyakan berkaitan dengan pendeknya umur produk TI dan cara-cara penanganannya ketika produk sudah tidak terpakai lagi. Dengan memasukkan kirteria sustainability dalam procurement, organisasi dapat mendorong pengembangan solusi-solusi yang lebih circular.

“Sebagai pembeli, Anda benar-benar melakukan sesuatu yang berbeda. Permintaan Anda berdampak langsung terhadap bagaimana industri bertindak dan dapat mendorong pada pengembangan produk-produk yang lebih sustainable di pasaran,” kata Sören Enholm.

Dengan kriteria siap pakai yang dibuat oleh TCO Certified, produsen produk TI akan dimudahkan dan dan memberi dampak lebih besar daripada harus membuat kriteria sendiri. Selain kriteria, daur hidup produk TI, TCO Certified juga memuat verifikasi independen untuk memastikan kriteria terpenuhi. Perusahaan pembeli produk  akan diuntungkan karena mereka dapat menghemat waktu dan sumber daya.