Find Us On Social Media :

Begini Cara Qlue Dorong Millennial Jadi Agen Perubahan Smart City

By Adam Rizal, Sabtu, 30 Maret 2019 | 17:00 WIB

Ilustrasi Qlue

Qlue menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan acara Smart Citizen Day di The Tribrata, Jakarta.

Smart Citizen Day merupakan puncak perayaan dampak sosial positif yang telah diinisiasi oleh Qlue sejak awal berdiri pada 2016.

Rama Raditya (Pendiri dan CEO Qlue) mengatakan terus mengambil inisiatif untuk mengenalkan smart city kepada masyarakat khususnya di luar Jakarta untuk meningkatkan partisipasi warga agar menjadi smart society.

"Kami mengadakan Smart Citizen Day dengan tujuan untuk memperkenalkan berbagai pemanfaatan solusi teknologi smart city berbasis Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT) serta integrasi data untuk menangani permasalahan kota, instansi dan perusahaan multi industri yang dapat diaplikasikan untuk proses pengambilan keputusan," katanya.

Qlue pun mengajak 34 pemuda yang mewakili setiap provinsi di Indonesia untuk melakukan Deklarasi Smart Citizen.

Tujuannya, para pemuda itu akan mendorong pembangunan daerahnya menjadi smart city guna mewujudkan Indonesia menjadi smart nation.

"Ini sesuatu yang belum pernah ada. Ini pertama kali di dunia deklarasi oleh pemuda untuk meningkatkan interaksi society. Melalui deklarasi ini kami berharap bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk bergotong royong membawa perubahan positif di Indonesia," kata Biondi Sandasima, perwakilan dari deklarator Smart Citizen dari Sulawesi Tengah.

Rama juga mengatakan tujuan lain diselenggarakannya Smart Citizen Day adalah mendapatkan agen baru dari tiap daerah untuk menggerakkan komunitas di daerahnya masing-masing dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Semoga bisa menjadi agen perubahan di masing-masing daerahnya sehinga pemerintah daerah menjadi lebih aktif menjawab keluhan warga. Sekarang ini harapannya agar secepatnya bisa aktif membawa perunahan positif dan pemerintah terus merespon dengan baik. Karena smart city enggak akan ada kalau enggak ada smart citizen," ucapnya.

Qlue adalah aplikasi yang membantu menghubungkan masyarakat dengan pemerintah. Qlue bekerja berdampingan dengan pemerintah Jakarta dalam menerapkan konsep smart city pertama di Indonesia dan telah bekerja sama dengan sektor keamanan, kota mandiri, pemerintah, penanggulangan pasca-bencana, industri dan lain-lain.