Find Us On Social Media :

Investasi ke Mobile Premiere League, Go-Jek Tertarik Menggarap eSport?

By Wisnu Nugroho, Minggu, 31 Maret 2019 | 08:00 WIB

Ilustrasi Go-Jek

Go-Jek dikabarkan akan memberikan pendanaan ke perusahaan eSport asal India, Mobile Premier League (MPL). Go-Jek akan melakukan pendanaan bersama beberapa investor lain, seperti Times Internet dan Sequoia India, untuk melakukan suntikan dana di angka US$30 juta.

MPL adalah perusahaan eSport yang menyediakan lebih dari 30 games untuk dimainkan, seperti biliar, balap motor, sampai kriket. Yang unik dari MPL adalah adanya sistem turnamen yang memungut biaya pendaftaran bagi yang berminat. Nantinya, biaya pendaftaran yang terkumpul akan dijadikan hadiah untuk pemenang.

MPL sendiri baru berdiri 10 bulan lalu dan baru bisa dimainkan warganet India.

Selain menggelontorkan investasi ke MPL, Go-Jek juga akan membentuk joint ventures bersama Rebel Food. Rebel Food sendiri adalah layanan pemesanan makanan seperti Go-Food dan telah beroperasi di 18 kota di India. Menurut Times of India, Go-Jek dan Rebel Food masing-masing akan investasi sebesar US$8-10 juta ke joint ventures ini.

Jika menengok ke belakang, sebenarnya bukan sekali ini Go-Jek melakukan investasi ke perusahaan India. Pada tahun 2016, Go-Jek mengakuisisi empat startup India, yaitu C42 Engineering, Leftshift, Pianta, dan Codelgnition. Semua startup tersebut adalah pengembang aplikasi mobile, yang kemudian menjadi tulang punggung pengembangan aplikasi Go-Jek seperti yang kita kenal saat ini.

Dengan kata lain, akuisisi tersebut lebih sebagai strategi Go-Jek mendapatkan talenta.

Karena itu langkah Go-Jek melakukan investasi ke MPL dan Rebel Foods terasa agak berbeda. Kali ini, unicorn pertama Indonesia ini melakukan investasi ke startup yang berhadapan langsung dengan konsumen. Kemungkinan besar, investasi kali ini lebih kepada usaha Go-Jek memperkaya layanannya.

Sudah menjadi rahasia umum jika Go-Jek ingin menjadi super apps yang memiliki semua layanan yang dibutuhkan konsumen. Selain memberikan layanan ojek online atau pemesanan makanan, aplikasi Go-Jek saat ini juga memiliki Go-News yang berisi berita dari media online Kumparan. Dari kerjasama dengan MPL, bisa jadi nantinya akan ada fitur eSport di dalam Go-Jek.

Investasi jutaan dollar AS ke perusahaan India sendiri bukan sebuah masalah bagi Go-Jek. Pasalnya pada Februari 2019 kemarin, mereka mendapatkan pendanaan Seri F sebesar US$920 juta.