Find Us On Social Media :

Ada Apa dengan Kualitas Kamera iPhone yang Makin Jelek dan Tertinggal?

By Adam Rizal, Minggu, 7 April 2019 | 15:00 WIB

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus rekondisi

Kualitas kamera iPhone sangat terkenal bagus hasilnya di masa lalu dan banyak kalangan yang menobatkan iPhone sebagai ponsel kamera terbaik di zamannya.

Namun, euforia itu telah berakhir seiring bangkitnya inovasi para pabrikan ponsel berbasis Android.

"Dulu, Apple memimpin inovasi dibanding Android. Kamera iPhone sudah tertinggal dan itu sesuatu yang cenderung sudah diterima oleh para user," tulis Vlad Savov, kolumnis teknologi seperti dikutip The Verge.

Vlad mengatakan para pabrikan ponsel Android harus menciptakan inovasi untuk bisa mengalahkan kualitas kamera iPhone pada 4 tahun lalu. Selain itu, kamera iPhone juga menawarkan penggunaan yang mudah dan banyak fitur.

"Pada saat itu, Apple memiliki titel tak terbantahkan untuk kamera mobile terbaik, dengan kombinasi unik foto kualitas tinggi serta kemudahan pemakaian," sebut Vlad.

Namun perlahan tapi pasti, vendor Android mengejar dan kemudian, keadaan mulai berbalik. Pada 2016, kamera ponsel Google Pixel telah menghadirkan warna baru di industri ponsel kamera. Diikuti oleh Huawei P20 Pro yang melampaui Pixel.

Google merespons dengan perkenalan mode Night Sight untuk menghasilkan foto bagus dalam kondisi gelap.

Huawei kembali membalas dengan kehadiran P30 Pro dengan 5x optical zoom serta mampu menghasilkan foto terang meski suasana gelap gulita

Samsung juga terus meningkatkan kemampuan kameranya yang kini kualitasnya sejajar iPhone. Belum lagi vendor besar lain semacan Oppo, Vivo sampai Xiaomi menghadirkan beragam terobosan.

Maka, patut ditunggu bagaimana kemampuan kamera di iPhone terbaru nanti, apakah sekadar penambahan kualitas sekadarnya atau bakal ada inovasi besar. Tentu Apple perlu bertindak agar kamera iPhone bisa kembali di posisi depan.