Find Us On Social Media :

Manfaatkan AR untuk Kampanye Iklan, Burger King Ledek Kompetitornya

By Rafki Fachrizal, Senin, 8 April 2019 | 14:30 WIB

Ilustrasi Burger King manfaatkan teknologi AR (Augmented Reality) untuk kampanyekan iklan terbarunya.

Jika diibaratkan, bisnis adalah layaknya sebuah perang. Apapun bidang bisnisnya, setiap perusahaan pasti melakukan berbagai strategi dan cara untuk menghadapi para kompetitornya.

Seperti perusahaan makanan cepat saji Burger King misalnya. Untuk wilayah Brazil, perusahaan ini beberapa waktu lalu baru saja meluncurkan kampanye iklan unik untuk menantang kompetitornya, seperti McDonald's contohnya.

Memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality), kampanye iklan ini bertajuk “Burn That Ad” yang di mana memungkinkan setiap pengguna aplikasi Burger King untuk membakar iklan-iklan pesaing Burger King dengan api virtual.

Dikutip dari The Drum, untuk menggunakannya, pengguna cukup menjalankan aplikasi Burger King dan mengarahkan kamera yang ada di ponsel pintar ke iklan-iklan pesaing Burger King baik yang berbentuk brosur, kupon, iklan di majalah, ataupun papan iklan.

Secara otomatis, layar di ponsel pintar akan seolah-olah membakar iklan tersebut dan menggantinya dengan gambar iklan dari Burger King yang juga menjadi kupon yang dapat ditukarkan dengan burger Whopper di kedai Burger King terdekat dari pengguna.

Menurut perusahaan, kampanye iklan ini dibuat khusus untuk mempromosikan aplikasi BK Express untuk seluruh pelanggan Burger King di Brazil. BK Express sendiri merupakan inovasi dari perusahaan yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pre-order dan menghindari antrean panjang.

Ariel Grunkraut selaku Direktur Pemasaran dan Penjualan Burger King, Brazil, mengatakan, "Teknologi sebagai sarana untuk memberikan pengalaman terbaik ke pelanggan kami, dan ini menjadi salah satu target investasi utama kami pada tahun 2019."

"Selain itu, untuk menciptakan pengalaman baru di aplikasi BK Express, kami mencoba menawarkan beberapa interaksi yang menyenangkan seperti menghadirkan teknologi AR untuk pelanggan kami yang menggunakan aplikasi,” tambah Ariel.

Pihak Burger King juga mengatakan, bahwa 500.000 burger Whopper telah disiapkan untuk diberikan di seluruh pengguna di Brazil selama kampanye iklan ini berlangsung. Sementara untuk penukarannya. Setiap pengguna dibatasi untuk menukar hanya satu burger saja dari setiap aplikasi yang dimiliki.

Untuk melihat lebih jelas seperti apa uniknya kampanye iklan ini, silahkan simak video berikut: