Find Us On Social Media :

Unboxing dan Hands-on Redmi Note 7: Tampang Premium Harga Tetap Murah

By Dayu Akbar, Kamis, 11 April 2019 | 08:00 WIB

Seperti diketahui, Redmi sudah menjadi merek tersendiri dan terlepas dari Xiaomi. Tujuan Redmi memisahkan diri ini dikarenakan Xiaomi akan lebih fokus menyasar pasar menengah ke atas, sedangkan Redmi bakal lebih fokus sebagai smartphone dengan harga terjangkau tanpa menurunkan kualitas. Sebagai smartphone perdana yang mengusung nama Redmi (tanpa Xiaomi), seri ini menawarkan fitur-fitur unggulan seperti desain premium, dukungan dua kamera utama dengan resolusi tinggi berbasis AI, pelindung Gorilla Glass 5, kapasitas baterai besar, dan dukung pengisian cepat.Kami sendiri berkesempatan memegang dan mencoba langsung Redmi Note 7 secara langsung. Hadir dalam kotak penjualan bernuansa putih dan sedikit warna jingga di bagian bawahnya, didalamnya terdapat kelengkapan seperti handset, kabel data USB type-C, adaptor, SIM ejector, jelly case, kartu garansi dan manual, tanpa adanya earphone.

Unit yang kami terima memiliki warna merah yang disebut dengan nebula red di bagian belakangnya. Dengan berbalut material mirip kaca, tampilnya memang terlihat premium dan menarik. Namun lagi-lagi material ini membuatnya jadi finger magnet sehingga mudah kotor oleh jari ataupun tangan. Untuk itu Redmi menyertakan satu jelly case transparan yang cukup lentur agar bodi terlindung dari kotor.

Di bagian ini, terdapat sensor fingerprint di bagian tengah dan dua kamera belakang yang tersusun secara vertikal dengan lampu kilat di sisi kiri. Posisi ini memang terbilang umum dan standar pada hampir sebagian besar smartphone kekinian. Yang membedakannya terletak pada gradasi warna serta motif glossy mirip kaca yang membuatnya terlihat lebih menarik.

Untuk tombol dan konektivitas, sisi kanan terdapat tombol Volume dan Power, sisi kiri terdapat slot kartu yang berisi kompartemen hybrid yang bisa digunakan untuk memasang satu kartu SIM dan satu kartu microSD, atau hanya dua kartu SIM saja tanpa kartu memori. Sisi bawah ada port USB type-C dan dua speaker stereo di masing-masing sisi port tersebut. Di sisi atas port audio dan satu sensor infra merah yang bisa dimanfaatkan sebagai remote control untuk perangkat-perangkat seperti TV, AC, Media Player, Smart Box, dan lainnya.

Bagian layar memiliki ukuran luas yaitu 6,3 inci dengan resolusi FHD+ atau 2340x1080 pixels. Untuk kamera depan ditempatkan pada notch yang memiliki ukuran kecil berbentuk bulat. Jika dibandingkan dengan smartphone kekinian yang usung konsep layar lebar, ukuran bezel pada Note 7 ini menurut kami masih terlalu tebal.

Secara spesifikasi, Redmi Note 7 ini menggunaan chip Snapdragon 660, sedangkan unit yang kami terima memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sebagai gambaran umum seperti apa kemampuannya, kami sempat menjalankan Antutu dan berhasil mendapatkan skor 141583 yang tidak berbeda jauh dibanding kompetitor dengan chipset sama.Untuk pasar Indonesia, Redmi Note 7 hadir dengan varian kapasitas RAM/ROM 3 GB/32 GB dan 4 GB/64 GB dengan harga Rp1.999.000 dan Rp2.600.000.