Senior Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar menyebut tablet-tablet Android Samsung masih menjadi produk nomor satu yang paling banyak diminati di Indonesia.
Tercatat pangsa pasar tablet Android Samsung pada Februari 2019 di Indonesia adalah sebesar 48,5 persen.
"Kita melihat saat ini Samsung masih menjadi market leader di Indonesia. Market share tablet (Samsung) pada Februari adalah 48,5 persen, masih banyak peluang dan orang yang membutuhkan tablet," kata Selvia.
Samsung terus berinovasi untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru pada produknya, dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat.
Samsung juga meluncurkan trio Galaxy Tab generasi terbaru yang bakal resmi dijual di Indonesia akhir April 2019.
Ketiga lini Samsung Galaxy Tab terbaru itu terdiri dari Galaxy Tab S5e, Galaxy Tab A with S Pen, dan Galaxy Tab A10.
Ketiga tablet itu diperuntukkan bagi pengguna untuk meningkatkan produktivitas, dan mendukung kebutuhan hiburan atau pendidikan.
"Saat ini, tablet saja bisa dipakai sebagai mesin pembayaran yang langsung terhubung dengan internet. Samsung melihat ini sebagai tantangan untuk terus berinovasi menciptakan produk sesuai kebutuhan," ujar Selvia.
Laporan kuartal kedua II-2019 dari firma riset pasar International Data Corporation (IDC) menunjukkan Samsung menempati posisi kedua di pasar tablet global pada penjualan produk tablet.
Pabrikan gadget asal Korea Selatan itu disebut telah mengapalkan 5 juta unit tablet. Kendati begitu, angkanya menurun dari 6 juta tablet yang terjual pada kuartal II-2017.
Di atas Samsung, Apple masih memimpin pasar tablet global dengan penjualan 11,5 juta unit iPad, atau meraup 34,9 persen pangsa pasar.
Di bawah Samsung, pada posisi ketiga, keempat, dan kelima, masing-masing diduduki oleh Huawei, Lenovo, dan Amazon.
Huawei menjual 3,4 juta unit tablet, disusul Lenovo 2 juta unit, dan Amazon 1,6 juta unit.