Find Us On Social Media :

LG Electronics Indonesia Pamerkan Produk Terkininya untuk Tahun 2019

By Cakrawala, Minggu, 14 April 2019 | 16:17 WIB

Seungmin Park (President Director, LG Electronics Indonesia) memberi penjelasan mengenai ThinQ ketika LG mengumumkan berbagai produk terkini melengkapi lini tahun 2019-nya beberapa hari lalu.

LG Electronics Indonesia baru saja menampilkan berbagai produk terkininya untuk tahun 2019 di Jakarta beberapa hari lalu. Aneka produk tersebut melengkapi lini produk tahun 2019 LG di Indonesia. Sebagian dari produk yang dihadirkan ini pun mendukung LG ThinQ. ThinQ sendiri diklaim LG penyebutannya menyerupai think of you yang berarti aksi yang mempertimbangkan orang lain. LG ThinQ menunjukkan usaha LG untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap perangkat elektronik yang mendorong mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

"Melalui invoasi yang bermanfaat, LG ThinQ ditujukan untuk membuat rutinitas hidup menjadi lebih sederhana dan lebih menyenangkan untuk dijalani," ujar Seungmin Park (President Director, LG Electronics Indonesia).

Ada dua kata kunci dari LG ThinQ yakni AI (artificial intelligence) dan IoT (internet of things). Dengan kata lain, perangkat yang mendukung LG ThinQ dilengkapi fitur AI dan memiliki kemampuan terkoneksi ke internet.

Ambil contoh TV OLED seri W9. Smart TV premium LG ini memiliki prosesor yang disebut dengan Alpha Gen 2. Prosesor baru itu diklaim dilengkapi dengan algoritma terbaru yang memiliki kemampuan deep learning. Dengan Alpha Gen 2, LG seri W9 dilengkapi antara lain dengan AI Picture, AI Brightness, dan AI Sound. Hadir juga intelligent personal assistant seperti Google Assistant.

Ai Picture bisa mengenali berbagai kekurangan tampilan konten yang datang dari sumber, lalu mengoptimalkan tampilan bersangkutan pada layar. AI Picture diklaim bisa mengurangi kekurangan seperti color banding, detail yang rendah, dan warna yang menyatu.

AI Brightness dengan bantuan sensor yang ditanam pada TV bisa mengetahui kondisi pencahayaan di sekitar TV, yang kemudian digunakan sebagai informasi untuk menghadirkan tingkat kecerahan yang optimal ketika menampilkan konten HDR. Ini bisa membuat konten HDR tampil dengan warna natural dan tidak kehilangan kedalaman warna.AI Sound memiliki kemampuan untuk mensimulasikan tata suara 5.1. Meski tata suara dari TV bersangkutan hanya 2.1, suara yang dihasilkannya bisa menyerupai tata suara 5.1. Begitu pula dengan kemampuan untuk memproses suara berdasarkan konten. Yang terakhir ini memungkinkan antara lain vokal yang lebih jelas ketika menampilkan video musik.

OLED TV seri W9 merupakan salah satu produk LG yang dilengkapi dengan ThinQ.

Atau AC DUALCOOL with Watt Control seri Deluxe seperti P10RV3. Smart AC ini bisa dikontrol dari jarak jauh menggunakan aplikasi smartphone, tentunya selama ada koneksi internet. Melalui aplikasi tersebut pengguna misalnya bisa menghidupkan AC bersangkutan sesaat sebelum sampai di rumah, termasuk mengatur suhu dan pergerakan kipas. Pengguna juga bisa mengatur fitur Watt Control alias memilih batasan daya yang diinginkan, misalnya 60% dari rated power.

Terdapat juga Smart Diagnosis yang memungkinkan server LG mendiagnosis LG P10RV3 bila pengguna menghendakinya. Perintah untuk melakukan Smart Diagnosis ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Hasilnya sendiri akan ditampilkan di smartphone.

Tentunya tidak hanya ThinQ yang diusung produk-produk bersangkutan. LG pun menghadirkan berbagai fitur lainnya. Misalnya Dolby Vision dan Atmos pada TV OLED maupun Gold Fin pada AC DUALCOOL with Watt Control seri Deluxe-nya. Dolby Vision merupakan salah satu format video 4K HDR, sedangkan Dolby Atmos merupakan format audio yang memungkinkan reproduksi suara secara 360 derajat. Adapun Gold Fin diklaim bisa mencegah karat dalam jangka panjang.

Selain TV dan AC, LG memamerkan pula beberapa produk lain seperti mesin cuci, kulkas, dan soundbar. Sebagian dari aneka produk yang dipamerkan LG di atas telah pula tersedia di pasar.