Find Us On Social Media :

QNAP Hadirkan TR-002, Enclosure Media Simpan Eksternal dengan RAID

By Cakrawala, Senin, 15 April 2019 | 21:36 WIB

Enclosure untuk media simpan eksternal umumnya menawarkan dukungan terhadap sebuah HDD atau SSD saja. Namun tidak demikian dengan QNAP TR-002 yang ditawarkan secara resmi di dunia beberapa hari lalu. Enclosure tersebut memiliki dua bay alias mendukung dua HDD ataupun SSD. Tak hanya itu, QNAP TR-002 juga mendukung penggunaan RAID. Menariknya lagi, Enclosure dengan koneksi USB 3.1 Gen 2 Type-C ini juga bisa digunakan untuk menambah kapasitas dari NAS QNAP tertentu. Hal ini tentu menjadi nilai tambah untuk yang menggunakan NAS QNAP seperti itu.

"Hardware RAID storage expansion enclosure QNAP pertama (TR-004) telah mendapatkan pujian secara luas sejak peluncurannya. QNAP sekarang memperkenalkan sebuah versi dua bay, TR-002, yang datang dengan konektivitas USB 3.1 Gen 2, membolehkan pengguna NAS dan PC untuk memanfaatkan keunggulan dari transfer data kecepatan tinggi dengan perlindungan RAID milik TR-002," sebut Jason Hsu (Product Manager of QNAP).

QNAP TR-002 mendukung RAID 1 dan RAID 0. Pengguna bisa memilih untuk medapatkan keandalan lebih maupun kinerja lebih. Selain itu, enclosure dua bay 3,5 inci ini mendukung pula JBOD dan Individual. Mode yang terakhir ini akan membuat setiap HDD atau SSD berdiri sendiri alias sebagai dua media simpan terpisah.

Antarmuka untuk media simpan dari QNAP TR-002 adalah SATA 6 Gbps. SATA 6 Gbps sendiri memiliki kecepatan teoritis maksimal sebesar 600 MB/s. Penggunaan antarmuka USB 3.1 Gen 2 untuk koneksi ke perangkat lain sewajarnya memastikan tidak terjadi bottleneck. Apalagi dari pengujian yang ditampilkan QNAP, penggunaan dua SSD berkecepatan tinggi secara RAID 0 pun tidak melebihi batas kecepatan SATA 6 Gbps.

Bila QNAP TR-002 dihubungkan ke perangkat NAS QNAP tertentu, pengguna bisa menggunakan Storage & Snapshots Manager untuk mengkonfigurasi dan mengelola QNAP TR-002 dalam menambah kapasitas dari NAS bersangkutan. Sementara bila dihubungkan ke PC, pengguna bisa menggunakan QNAP External RAID Manager untuk mengkonfigurasi RAID maupun mode lainnya. Pengaturan ini pun bisa dilakukan menggunakan DIP switch bila tidak ingin dilakukan dari utility bersangkutan. Namun, QNAP External RAID Manager memiliki nilai tambah lain berupa kemampuan memonitor kesehatan dan status dari TR-002.

Belum tersedia informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan harga QNAP TR-002 di Indonesia.