Find Us On Social Media :

Apple dan Qualcomm Akhirnya Berdamai, Langsung Buat "Koalisi" Baru

By Wisnu Nugroho, Rabu, 17 April 2019 | 08:01 WIB

Ilustrasi Apple vs Qualcomm

Kabar mengejutkan datang dari perseteruan Apple dan Qualcomm: mereka akhirnya berdamai. Bukan cuma itu, Apple juga langsung membuat kontrak baru untuk menggunakan chipset Qualcomm selama enam tahun ke depan.

Kabar ini terbilang mengejutkan karena Apple dan Qualcomm terlibat perseteruan panjang di pengadilan selama beberapa tahun terakhir. Saling tuntut terjadi di pengadilan di berbagai negara di dunia, termasuk di China dan Jerman (yang memutuskan Qualcomm sebagai menang).

Inti perseteruan kedua perusahaan ini adalah, Qualcomm merasa Apple harus membayar royalti karena menggunakan beberapa paten yang mereka miliki di iPhone. Sementara, iPhone menganggap Qualcomm memanfaatkan dominasi dan patennya untuk “memeras” Apple.

Apple bahkan balik menuntut Qualcomm dengan tuduhan menggunakan teknologi Apple tanpa membayar royalti.

Akan tetapi, perseteruan ini berakhir setelah Apple akhirnya memutuskan untuk membayar royalti yang menjadi tuntutan Qualcomm. Tidak disebutkan berapa besar nilai yang dibayarkan Apple ke Qualcomm.

Kemenangan Qualcomm

Perdamaian antara kedua perusahaan ini bisa dibilang “kemenangan” bagi Qualcomm. Menyusul kejadian saling tuntut, Qualcomm memutuskan untuk menghentikan semua kerjasama dengan Apple. Hal ini membuat Apple kelimpungan, karena Qualcomm adalah pembuat chipset terbaik saat ini, utamanya terkait modem 5G.

Karena tidak bisa bekerjasama dengan Qualcomm, Apple pun menjalin kerjasama dengan Intel untuk menyediakan chipset 5G. Namun seperti pernah kami tulis, Intel tertinggal jauh di teknologi modem. Intel baru bisa menyelesaikan modem 5G di tahun 2020, itu pun tanpa kemampuan bekerja di milimeter wave (yang menjanjikan kecepatan paling tinggi di 5G).

BACA JUGA: Salah pilih vendor, Apple kesulitan membuat iPhone 5G

Apple pun panik. Ketika saingannya bersiap meluncurkan smartphone 5G di tahun ini, Apple hanya bisa menunggu Intel menyelesaikan modemnya di tahun 2020, bahkan 2021. Kepanikan inilah yang sepertinya memaksa Apple untuk mengalah dan berdamai dengan Qualcomm. Dengan selesainya perseteruan ini, Apple akhirnya dapat menggunakan chipset dan modem 5G Qualcomm, sehingga iPhone 5G dapat hadir lebih cepat.

Seperti biasa, Apple meluncurkan iPhone barunya setiap bulan September. Apakah Apple baru ini sudah akan mengusung 5G? Kita tunggu saja.