Find Us On Social Media :

Tak Perlu Antre, Google Uji Coba Instal Aplikasi Android Bersamaan

By Adam Rizal, Sabtu, 20 April 2019 | 13:30 WIB

Ilustrasi Google Play

Pengguna Android biasanya hanya bisa mengunduh dan menginstal satu aplikasi dalam satu waktu di toko aplikasi Play Store.

Sehingga, untuk menginstal aplikasi lain, pengguna diharuskan menunggu aplikasi yang tengah diunduh tadi, termasuk proses instalasi, selesai.

Keharusan antre instalasi aplikasi Android ini kemungkinan bakal diubah. Google dikabarkan tengah menguji coba pengunduhan serta pemasangan aplikasi secara paralel atau secara bersamaan.

Nantinya, ketika fitur ini jadi dirilis oleh Google, pengguna bakal bisa mengunduh atau memperbarui aplikasi Android secara bersamaan di Play Store. Fitur ini sendiri disebut bakal digelontorkan pihak Google melalui pembaruan dari sisi server (server-side).

Dengan kata lain, pengguna tidak perlu memperbarui aplikasi Play Store untuk dapat menikmati fitur ini. Meski begitu, belum bisa dipastikan kapan fitur ini bakal hadir di toko aplikasi smartphone Android tersebut sebagaimana dirangkum AndroidAuthority.

Belum jelas juga apakah Google membatasi jumlah aplikasi yang bisa diunduh lewat Play Store secara bersamaan ini atau tidak.

Ada pula pembaruan antarmuka fitur Play Protect, fitur untuk mengantisipasi malware dengan memindai aplikasi sebelum dipasang, serta kemudahan pencarian serial TV berdasarkan channel atau jaringan TV.