Find Us On Social Media :

Bukan Samsung, Raja Ponsel Murah ini Jadi Penguasa Pasar Ponsel India

By Adam Rizal, Rabu, 1 Mei 2019 | 16:00 WIB

Xiaomi Resmi Luncurkan Redmi Note 7 dengan Kamera 48 Megapixel

Saat ini Samsung adalah penguasa pasar ponsel di dunia bahkan Indonesia, menyingkirkan Apple dan Huawei yang berada di peringkat kedua dan ketiga.

Namun, berbicara India, Samsung dan Apple tidak bisa berbicara banyak di negara dengan populasi terbesar kedua di dunia tersebut.

Lembaga Counterpoint Research melaporkan vendor ponsel asal Tiongkok menguasai lebih dari separuh pangsa pasar di India pada kuartal pertama 2019. Pabrikan ponsel asal Tiongkok itu mengambil tempat 66 persen dari total pasar di India.

Saat ini, Xiaomi menjadi pemimpin ponsel di India, volume merk tersebut naik 20 persen.

Selain Xiaomi, ada merk ponsel asal Tiongkok lainnya yaitu Vivo, Realme dan Oppo. Vivo menunjukkan kenaikan volume pengiriman menjadi 119 persen, sementara Oppo 28 persen.

"Portofolio Vivo di tier menengah (100-180 dolar Amerika Serikat) menyebabkan pertumbuhan merk tersebut, bersamaan dengan kampanye agresif Indian Premier League Cricket," kata analis dari Counterpoint seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, ponsel populer kedua di India diduduki Samsung.

Pasar Terbesar

India merupakan pasar terbesar ponsel di dunia, dan pangsa terbesar merk ponsel asal Tiongkok. Kebanyakan ponsel yang beredar di India berada di kelas menengah dengan fitur-fitur seperti swafoto dan layar besar.

Permintaan ponsel yang begitu besar di India juga disebabkan oleh layanan streaming video seperti Netflix dan Hotstar. Selain itu, rakyat India juga gemar menggunakan aplikasi pesan seperti WhatsApp.

Menurut analis Tarun Pathak dari Counterpoint, konsumsi data rakyat India terus naik dan mereka memperbarui ponsel lebih cepat dibandingkan wilayah lainnya.

"Spesifikasi ponsel premium saat ini masuk ke ponsel berharga menengah. Kami memperkirakan tren ini akan terus kompetitif di segmen menengah di beberapa kuartal ke depan," katanya.