Find Us On Social Media :

Gunakan Chatbot, Admin Balesin.ID Siap Gantikan Seller Jawab Pelanggan

By Dayu Akbar, Senin, 6 Mei 2019 | 09:00 WIB

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot, BALESIN.ID memposisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat. Setelah mendapatkan suntikan dana dari Stellar Kapital dan GDI (Global Digital International), BJtech melalui BALESIN.ID menawarkan alternatif baru untuk berjualan dan belanja online. Disini, penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sedangkan pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam. Saat ini BALESIN.ID sudah terkoneksi dengan LINE Messenger, serta dalam tahap pengembangan untuk terkoneksi dengan WhatsApp Messenger dan bisa memiliki link sendiri. “Dengan adanya admin otomatis BALESIN.ID berbasis chatbot ini, seller akan terbebas menjawab pertanyaan-pertanyaan repetitif dan bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih efisien. Mereka akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk menangani serious buyer, dan tentunya akan meningkatkan penjualan mereka,” kata Diatce G. Harahap, CEO BJtech. Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, BALESIN.ID menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting.

Adapun fitur-fitur lainnya untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, sampai data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal. Untuk membuat pembeli lebih interaktif dan nyaman saat chatting, penjual bisa memilih sendiri gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan bisnis online yang dijalankan. Bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadan, konsumsi belanja masyarakat Indonesia juga meningkat setiap tahunnya, baik secara langsung maupun online. “Biasanya melonjak pesanan itu seminggu sebelum dan dua-tiga minggu tengah Ramadhan, karena bakal banyak barang yang diskon, ada koleksi spesial Ramadhan begitu, kan. Jam operasional juga ada perubahan sedikit untuk para admin kita ketika Ramadhan. Aku harus consider ke mereka dong, karena mereka kerja juga sambil ibadah puasa,” ungkap Arief Tri Satya, COO brand fashion muslim Ria Miranda.  Berdasarkan data SimilarWeb, beberapa platform e-commerce di Indonesia menunjukan adanya peningkatan aktivitas 5 – 10 persen sebulan menjelang dan selama bulan Ramadhan. Untuk kategorinya, peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada penjualan online barang rumah tangga, busana muslim, makanan dan minuman. Peluang ini menjadi momentum yang pas bagi penggemar belanja online untuk merasakan pengalaman baru ketika berbelanja lewat chat.