Find Us On Social Media :

Pertumbuhan Jumlah Server yang Dikapalkan akan Melambat Tahun Ini

By Cakrawala, Senin, 6 Mei 2019 | 15:33 WIB

Menurut TrendForce, pada tahun 2019 ini, jumlah server yang dikapalkan secara global akan bertumbuh dibandingkan tahun lalu. Namun, tingkat pertumbuhannya akan menurun dibandingkan tahun 2018. Bila berdasarkan hitungan TrendForce di tahun 2018 pertumbuhan jumlah server yang dikapalkan secara global adalah sebesar 5%, pada tahun 2019 ini pertumbuhannya diperkirakan akan berkurang menjadi 3,9%. Penyebabnya diklaim oleh TrendForce adalah ketidakpastian yang melanda dunia dan siklus bisnis. Keduanya membuat pelaku bisnis mengambil langkah yang lebih hati-hati.

Meski pertumbuhan jumlah server yang dikapalkan secara global melambat, pertumbuhan tersebut diprediksi oleh TrendForce akan tetap berlangsung pada tahun 2020. Hal ini membuat TrendForce menyakini jumlah server yang dikapalkan secara global akan mencapai puncaknya pada tahun 2020 bersangkutan. Salah satu faktor yang membuat pertumbuhan jumlah server yang dikapalkan secara global tetap terjadi pada tahun 2020 adalah 5G. Pasalnya berbagai hal yang dimungkinkan 5G akan membuat 5G ini mentransformasi bisnis, sehingga perusahaan telekomunikasi dan penyedia internet akan meningkatkan pembelian mereka terhadap server.

Generasi kelima dari nirkabel seluler alias 5G memang menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan generasi keempat alias 4G. Generasi baru itu menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan kepadatan koneksi yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Berbagai kelebihan yang ditawarkan 5G ini memungkinkan aneka skenario baru. Misalnya private network di suatu area perusahaan menggantikan kabel maupun XR (extended reality) yang ditawarkan sebagai layanan.

Sementara untuk pangsa pasarnya, TrendForce memprediksi lima vendor dengan pangsa pasar teratas pada semester pertama tahun 2019 adalah Dell EMC, HPE, Inspur, Huawei, dan Lenovo. Adapun pangsa pasarnya masing-masing adalah 15,8%, 13,7%, 7,5%, 6,7%, dan 5,7%. Urutan lima vendor dengan pangsa pasar tertinggi ini pun sama dengan tahun 2018, hanya saja besarnya pangsa pasar masing-masing vendor berbeda; ada yang berkurang, ada yang bertambah. Banyaknya jumlah total server yang dikapalkan secara global pada tahun 2018 sendiri, diperkirakan oleh TrendForce sebesar 12,42 juta unit.