Find Us On Social Media :

Di Usia ke 50, Zebra Technologies Kian Aktif Merilis Solusi Inovatif

By Wisnu Nugroho, Kamis, 9 Mei 2019 | 17:58 WIB

Di usia ke 50 tahun, Zebra Technologies terus melahirkan inovasi agar tetap relevan dengan kebutuhan industri

Lima puluh tahun bukanlah waktu yang singkat, apalagi bagi perusahaan di ranah teknologi yang kompetitif. Namun prestasi itulah yang berhasil diraih Zebra Technologies, perusahaan asal Illinois, AS, yang tahun ini genap berusia 50 tahun.

Pada awal berdiri, Zebra Technologies memiliki produk inti seputar barcode printer. Namun saat ini, Zebra Technologies menjadi pemimpin pasar di berbagai segmen, mulai dari mobile computing, data capture, dan tentu saja barcode printing. Pada tahun 2018, Zebra Technologies berhasil meraih pendapatan sebesar US$4,2 miliar atau sekitar Rp.58 triliun.

Menurut Ryan Goh (VP dan GM Zebra Technologies untuk Asia Pasifik), perjalanan 50 tahun ini telah mengantarkan Zebra Technologies sebagai penyedia solusi seputar intelligence enterprise. “Solusi kami membuat para pekerja di garis terdepan lebih produktif dan menjadi keunggulan kompetitif perusahaan” ungkap ungkap Goh di sela-sela acara Zebra Technologies Channel Partner Summit yang berlangsung di Guilin, China.

Solusi Inovatif

Salah satu contoh solusi inovatif itu adalah adalah Zebra MotionWorks. Menggunakan frekuensi ultra-wide band, solusi ini dapat mendeteksi posisi maupun pergerakan sebuah objek. Solusi ini telah dimanfaatkan liga football AS, NFL, untuk mendeteksi pergerakan pemain saat latihan dan latihan. “Teknologi ini secara akurat mencatat pergerakan pemain, yang menjadi modal penting dalam menganalisa pertandingan” ungkap Ryan.

Implementasi solusi ini bukan cuma di olahraga. Teknologi yang sama juga dapat dimanfaatkan industri manufaktur untuk mendeteksi posisi sebuah aset. Dengan begitu, sistem bisa mendeteksi posisi aset secara akurat dan real-time sehingga meningkatkan produktivitas.

Zebra saat ini juga memiliki solusi SmartPack yang dapat mendeteksi keterisian sebuah gudang atau container. Memadukan sensor 3D dan analitik, sistem ini dapat mendeteksi pengisian sebuah kontainer secara real-time. Selain mempercepat proses loading, solusi ini juga dapat mendeteksi secara dini jika terjadi kekosongan area yang bisa dimanfaatkan.

“Solusi kami membuat para pekerja di garis terdepan lebih produktif dan menjadi keunggulan kompetitif perusahaan” Ryan Goh (VP dan GM Zebra Technologies untuk Asia Pasifik)

Teknologi sensor 3D yang sama juga bisa digunakan untuk keperluan inventori. Sistem bisa mengecek stok hanya dengan memindai ruangan inventori, sehingga menghasilkan sistem yang lebih efisien dan akurat.

Dengan berbagai inovasi inovatif tersebut, Zebra Technologies berharap bisa menghadirkan solusi yang dibutuhkan perusahaan. “Dan Zebra Technologies semakin relevan dengan kebutuhan bisnis masa kini” tambah Ryan Goh.