Find Us On Social Media :

Tertarik Menjajal GrabWheels? Begini Tata Cara Menggunakannya

By Indah PM, Jumat, 10 Mei 2019 | 14:36 WIB

GrabWheels di BSD City

Penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi asal Singapura, Grab, bersama Sinar Mas Land baru saja merilis solusi mobilitas menggunakan skuter listrik yang diberi nama GrabWheels.

Layanan yang diklaim pertama di Indonesia ini pun sudah dapat Anda coba secara gratis sampai pertengahan tahun 2019. Hanya saja, meski berada di bawah bendera Grab, tetapi untuk mencoba GrabWheels, pengguna harus mengunduh aplikasi GrabWheels beta melalui perangkat iOS dan Android selama masa uji coba. Ini berarti layanan GrabWheels terpisah dari aplikasi Grab yang sudah ada.

Setelah meng-install aplikasi GrabWheels, pengguna dapat mengunjungi area parkir GrabWheels yang telah tersedia di lokasi terpilih di BSD City. Pada aplikasi juga tersedia map yang menunjukkan lokasi skuter berada.

GrabWheels

Selanjutnya, pengguna dapat membuka kunci skuter listrik hanya dengan memindai barcode yang tersedia menggunakan aplikasi GrabWheels untuk segera memulai perjalanan mereka menjelajahi area BSD City.

Karena menggunakan energi listrik, pengguna juga bisa memantau ketersediaan daya pada skuter yang digunakan melalui aplikasi GrabWheels. Selain itu, GrabWheels juga tidak bisa dioperasikan ketika hujan.

Onky Kurniawan (Executive Director Grab Indonesia) menyebut, maksimal pemakaian skuter adalah 30 menit dengan jarak antara 3 sampai 5 km. "Jika keluar area atau radius terlalu jauh, akan ada alarm yang berbunyi cukup keras," jelas Onky. Demikian pula dengan kecepatan skuter yang memiliki batas aman maksimal 15 km/jam.

Setelah pengguna mencapai destinasi yang dituju, aplikasi GrabWheels akan mengarahkan pengguna untuk mengembalikan skuter listrik ke tempat parkir terdekat. Jika sudah selesai dan untuk mengakhiri penggunaan, pengguna diharuskan melakukan pemindaian barcode di area parkir, dan skuter pun akan terkunci.

Sebagai penawaran awal dalam masa uji coba, pengguna Grab dapat menggunakan layanan GrabWheels secara gratis. Sebagai perbandingan, GrabWheels sudah beroperasi terlebih dahulu di negara asalnya, Singapura khususnya di area kampus, dengan mematok tarif kisaran Rp5.000 per 30 menit.

Demi menjaga keselamatan pengguna, Grab juga akan memberikan edukasi perilaku berkendara aman melalui pesan langsung di aplikasi GrabWheels. Pengguna akan diwajibkan menggunakan helm sebagai kelengkapan berkendara.

Selama masa uji coba berlangsung, Grab juga akan menyediakan tim khusus untuk membantu pengguna jika mereka mengalami masalah teknis.