Find Us On Social Media :

Beli Dulu Bayar Nanti dengan PayLater yang Kini Hadir di Aplikasi OVO

By Cakrawala, Minggu, 12 Mei 2019 | 17:14 WIB

Abraham Viktor (Head of Strategy and Innovation Lab, OVO) menunjukkan PayLater di Aplikasi OVO ketika peluncurannya di Jakarta beberapa hari lalu.

Setelah sebelumnya tersedia di Tokopedia, mulai Jumat 10 Mei 2019, OVO PayLater juga telah hadir di Aplikasi OVO. Pengguna OVO Premier bisa menggunakan OVO PayLater untuk membeli produk maupun jasa pada berbagai merchant OVO, tetapi pembayarannya tidak dilakukan saat itu melainkan kemudian. Dengan kata lain, dengan OVO PayLater, pengguna OVO Premier bisa beli dulu bayarnya nanti.

"Dalam rangka menyambut Idul Fitri, OVO PayLater diluncurkan untuk memberikan opsi belanja sekarang dan dibayar nanti setelah pengguna menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pengguna dapat merasakan banyak manfaat dari fitur ini: proses aktivasi mudah dan opsi untuk belanja sekarang, bayar nanti. OVO PayLater dapat dinikmati oleh pengguna OVO Premier tanpa harus mengajukan dokumen tambahan. Selain itu, OVO PayLater hadir sebagai bentuk layanan pinjaman untuk transaksi ritel mudah serta telah memenuhi peraturan-peraturan yang berlaku," jelas Abraham Viktor (Head of Strategy and Innovation Lab, OVO).

Dengan mengaktifkan OVO PayLater, pengguna OVO Premier bisa memanfaatkan fitur ini untuk membeli produk yang diinginkan pada awal bulan, lalu membayarnya ke OVO pada akhir bulan. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung menggunakan Aplikasi OVO memanfaatkan saldo OVO maupun melakukan transfer ke rekening bank yang ditetapkan.

Pengguna yang menggunakan OVO PayLater tidak akan dikenakan biaya tambahan, setidaknya sampai Bulan Juli 2019. Nantinya OVO PayLater akan memiliki opsi cicilan sampai dua belas bulan dengan bunga yang diklaim menyerupai bunga kartu kredit.

Selain sebagai dana talangan, OVO PayLater juga diklaim membantu menambah kenyamanan dalam berbelanja online untuk yang belum memiliki kartu kredit atau sejenisnya. Mereka misalnya tidak perlu lagi ke Alfamart atau Indomaret untuk membayar produk yang dikehendaki tatkala berbelanja di toko online tertentu, melainkan cukup menggunakan OVO PayLater.

Sementara dari sisi merchant, OVO PayLater dinilai akan meningkatkan jumlah transaksi. Penyebabnya antara lain adalah akan berkurangnya pembelian yang batal karena telat membayar ke Alfamart atau Indomaret tadi.

Tak hanya di toko online, layanan fintech ini juga bisa digunakan di merchant ritel modern. OVO menyebutkan ada sebanyak 200.000 merchant ritel modern yang menerima OVO PayLater.