Find Us On Social Media :

Bukan Google, Ternyata Ponsel Pintar Mahal Google Pixel 3a Buatan HTC

By Adam Rizal, Sabtu, 11 Mei 2019 | 13:30 WIB

Hadir 7 Mei, Ini Bocoran Spesifikasi Google Pixel 3a dan 3a XL

Google baru saja meluncurkan ponsel pintar Pixel 3a dan Pixel 3a XL di gelaran tahunan Google I/O 2019. Ponsel pintar yang mengandalkan kamera dan AI itu ternyata bukan buatan Google sendiri, melainkan turut melibatkan HTC.

Maklum, HTC sang pabrikan asal Taiwan memang sudah terlibat dalam pembuatan ponsel pintar Google sejak seri Pixel pertama. Untuk Pixel 3a, peranan HTC lebih besar lagi dari sebelumnya.

"Mereka (HTC) memiliki andil besar dan mengerjakannya di Taiwan," Kata Eksekutif Google Biran Rakowski dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Menurut Rakowski, HTC bukan hanya merakit atau memproduksi Pixel 3a saja, tetapi seluruh pengerjaan hardware dan software juga diserahkan kepada HTC. Ponsel pintar itu praktis bisa dibilang sebagai bikinan HTC.

"Ini menjadi kali yang pertama mereka (HTC) memimpin dalam perspektif hardware dan software," kata Rakowski sebagaimana dirangkum Bloomberg.

Google sendiri diketahui membeli divisi smartphone HTC dengan nilai 1,1 miliar dollar AS (setara Rp 14,6 triliun) pada 2017 lalu. Lewat akuisisi itu, Google turut mendapatkan lisensi noneksklusif untuk berbagai kekayaan intelektual HTC.

Baik Google Pixel 3a maupun Pixel 3a XL yang berukuran lebih besar, sama-sama dibekali SoC Snapdragon 670 dengan memori utama 4 GB dan media simpan 64 GB. Spesifikasi yang membedakan keduanya ada pada ukuran layar; Pixel 3a mengusung layar seluas 5,6 inci, sedangkan Pixel 3a XL memiliki layar seluas 6 inci.

Untuk sektor fotografi, keduanya juga dibekali dengan kamera serupa. Hanya ada kamera tunggal baik di bagian depan maupun belakang. Kamera belakang memiliki resolusi 12 megapiksel dengan aperture f/1,8, sedangkan kamera depan memiliki resolusi 8 megapiksel dengan aperture f/2,0.

Kamera utama keduanya dilengkapi pula dengan OIS (optical image stabilization). OIS membuat gambar yang ditangkap lebih stabil ketika diambil dalam keadaan bergerak.

Untuk baterai, Pixel 3a dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, sedangkan Pixel 3a XL memiliki baterai dengan kapasitas lebih besar yakni 3.700 mAh.