Find Us On Social Media :

AMD Bikin Super Komputer Tercepat di Dunia, Berapa Kecepatannya?

By Adam Rizal, Senin, 13 Mei 2019 | 11:30 WIB

AMD Bikin Super Komputer Frontier yang Tercepat di Dunia, Berapa Kecepatannya?

AMD menggandeng Departemen Energi Amerika Serikat, Oak Ridge National Library, dan perusahaan super komputer Cray menciptakan super komputer tercepat di dunia.

Super komputer yang bernama Frontier itu masuk dalam kelas exascale tercepat di dunia. Frontier mampu melakukan komputasi hingga 1,5 exaflops, sangat cepat tentunya.

Sistem Frontier menawarkan kemampuan High Performance Computing (HPC) di masa depan dan kecerdasan buatan (AI) yang lebih optimal.

Kuncinya, Frontier menggunakan prosesor atau CPU milik AMD EPYC dan GPU dari AMD Radeon yang sudah dikustomisasi.

Oak Ridge National Library akan menggunakan Frontier untuk komputasi berbasis AI yang membuat model simulai hasil penelitian lapangan terkait ilmu pengetahuan tentang iklim, biomedis, dan partikel atom yang ada di setiap material.

Baca Juga : Dicap Ponsel Gaib, Xiaomi Terus Genjot Produksi Redmi Note 7"Frontier akan menampilkan custom CPU dan teknologi GPU dari AMD dan mewakili pencapaian teranyar dalam daftar panjang inovasi teknologi AMD yang telah berkontribusi pada program-program exascale Departemen Energi," kata Senior Vice President dan General Manager, AMD Datacenter dan Embedded Systems Group, Forrest Norrod.Selain itu, AMD juga menyumbangkan teknologi Infinity Fabric yang memungkinkan GPU AMD Radeon bisa bekerja bersamaan hanya menggunakan satu prosesor AMD EPYC dengan perbandingan empat GPU dan satu CPU.Bagi AMD ini bukan pertama kali mereka mendukung pengembangan super komputer termasuk bersama Departemen Energi Amerika Serikat.

Prosesor AMD sudah pernah digunakan super komputer Jaguar pada 2005 dan Titan pada 2011 seperti dikutip Venture Beat.

Baca Juga : Bantu Orang Tua, Begini Cara Apple Cegah Anak-anak Kecanduan iPhonePada 2018, AMD merilis prosesor AMD EPYC Generasi ke-2 yang sudah mengusung fabrikasi 7nm dan arsitektur Zen 2.

Prosesor ini membidik komputer server atau yang menbutuhkan kemampuan komputasi tinggi.Prosesor AMD EYPC juga diadopsi pada banyak perusahaan penyedia layanan cloud terbesar, seperti, Baidu Cloud, Microsoft Azure, dan Tencent Cloud.

Kemampuan komputasi dari Frontier dikabarkan lebih tinggi dibandingkan super komputer lain yang mengandalkan kompetitor AMD yaitu Intel.

Baca Juga : Google Tambahkan Fitur Navigasi AR dan Mode Menyamar di Google Maps