Find Us On Social Media :

LINE Ungkap Kebiasaan Orang Indonesia Selama Ramadan

By Adam Rizal, Senin, 13 Mei 2019 | 16:30 WIB

LINE Ungkap Kebiasaan Orang Indonesia Selama Ramadan

LINE mengumumkan LINE Ramadan dengan tema Jurus Lebih Teladan (Julit) dan menggunakan tagar SaatnyaJulit di bulan Ramadan ini. Selain itu, kampanye itu mempertahankan pengguna LINE yang mayoritasnya berusia 25 tahun. "Ada perubahan kebiasaan pengguna selama Ramadhan dibanding periode biasanya. Dan kami ingin bikin pengguna merasa bahwa LINE itu gue banget, dengan cara kami hadirkan dengan bahasa yang kekinian," ujar Marketing Director LINE Indonesia Ina Nurulita. LINE mengungkapkan ada tiga perubahan aktivitas LINE selama Ramadan yaitu pengguna memiliki lebih banyak waktu untuk mencari konten, tingkat penggunaan konten seperti kuliah tujuh menit menjadi yang paling besar, serta generasi muda berminat pada penggunaan bahasa dan desain yang sesuai.

Selain itu, pengguna LINE lebih aktif menggunakan aplikasi ini pada waktu jelang berbuka puasa karena dapat menghilangkan rasa bosan saat menunggu adzan maghrib. "Banyak yang menggunakan LINE menjelang berbuka puasa," ujarnya.

Kehadiran LINE Ramadan dapat menjadi solusi yang dapat dimanfaatkan pengguna dalam menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat selama bulan Ramadan. Salah satu fitur yang ditawarkan melalui LINE Ramadan ini adalah kuis Rejeki Anak Soleh. LINE mencatat bahwa tingkat partisipasi kuis ini mencapai puncak, sebesar 80 persen, pada pukul 4 hingga 6 sore. Selain pada aplikasi, LINE Ramadan turut dihadirkan melalui situs web, disebut LINE sebagai salah satu pembeda dengan fitur Ramadan yang ditawarkannya pada tahun lalu. Hal ini disebut LINE ditujukan untuk menjangkau konsumen yang tidak menggunakan aplikasinya. Namun, versi situs web ini hanya menampilkan garis besar konten yang disuguhkan LINE Ramadan, ditujukan untuk menggiring konsumen non pengguna agar mengunduh aplikasi dan menjadi pengguna LINE. Sementara itu, LINE menyebut bahwa fitur Kuliah Tujuh Menit (Kultum) menjadi salah satu fitur terpopuler di penawaran LINE Ramadan yang disuguhkannya pada tahun lalu. Hal ini mendorong LINE untuk menghadirkan konten ini, namun dengan konsep berbeda. Konsep baru kultum ini dihadirkan LINE Ramadan melalui fitur bertajuk Baper, berisi tujuh pesan seputar Ramadan yang disampaikan melalui chat, oleh sejumlah selebriti, seperti Cinta Laura Kiehl, Amanda Rawles, Sivia Azizah dan Ari Irham.