Find Us On Social Media :

Intel Ice Lake dengan Technology Node 10 nm Dikapalkan Mulai Juni 2019

By Cakrawala, Senin, 13 Mei 2019 | 15:58 WIB

Intel minggu lalu mengumumkan bahwa produknya dengan codename Ice Lake akan mulai dikapalkan secara massal di dunia pada bulan Juni tahun 2019 ini. Pengumuman pada acara Investor Meeting tersebut sejalan dengan pengumuman Intel pada CES 2019 lalu di Las Vegas. Ice Lake adalah prosesor Intel yang menggunakan technology node 10 nm dan arsitektur baru yang disebut Sunny Cove. Prosesor Intel dengan technology node 10 nm sendiri sudah lama ditunggu. Pasalnya Intel menargetkan kehadirannya beberapa tahun lalu, tetapi ternyata Intel mengalami kendala. Sebenarnya, prosesor Intel dengan technology node 10 nm sebelumnya sudah tersedia. Namun, prosesor dengan codename Cannon Lake itu, varian dan jumlahnya terbatas.

Dengan arsitektur dan technology node barunya, Ice Lake diklaim Intel menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Sekadar informasi, sejak prosesor Intel Core generasi keenam yang memiliki codename Skylake, sampai dengan generasi terkini yang memiliki codename Coffee Lake dan Whiskey Lake, arsitektur yang digunakan adalah serupa. Adapun technology node yang digunakan oleh prosesor Intel terkini adalah 14 nm yang telah mengalami peningkatan beberapa kali.

Intel menyebutkan, dibandingkan generasi sebelumnya, Ice Lake menawarkan antara lain kinerja AI (artificial intelligence) yang 2,5 sampai 3 kalinya, kinerja video transcoding yang 2 kalinya, dan kinerja grafik yang 2 kalinya pula. Namun Intel tidak memberikan besarnya peningkatan clock for clock yang ditawarkan Ice Lake terhadap generasi sebelumnya.

Meski technology node 10 nm akan hadir untuk berbagai segmen, peluncuran awal secara massal dari technology node 10 nm adalah untuk notebook. Dengan kata lain, Intel Ice Lake yang dikapalkan secara massal mulai Juni tahun 2019 ini adalah yang untuk notebook. Notebook yang menggunakan Intel Ice Lake sendiri diperkirakan sudah banyak tersedia pada musim liburan di akhir tahun 2019. Menilik dari prosesor Intel untuk notebook masa kini, terdapat beberapa lini prosesor dengan TDP (thermal design power) yang berbeda. Salah satunya adalah yang memiliki embel-embel U dan hadir dengan PCH alias southbridge pada paketnya. Dari slide yang ditampilkan Intel, Ice Lake U yang kelihatannya akan pertama hadir.

Selain Ice Lake dengan technology node 10 nm-nya, Intel juga mengumumkan bahwa produknya yang menggunakan technology node 7 nm ditargetkan mulai hadir pada tahun 2021. Produk intel pertama yang akan menggunakan technology node 7 nm tersebut adalah Xe. Xe adalah lini GPU terintegrasi maupun kartu grafis tambahan yang sedang disiapkan oleh Intel. Setelah lama tidak membuat kartu grafis tambahan, belakangan Intel memutuskan untuk kembali membuat produk seperti itu. Intel Xe pun tidak hanya untuk bermain game melainkan juga sebagai GP-GPU seperti halnya yang digunakan di data center. Intel Xe pertama yang akan menggunakan technology node 7 nm adalah yang ditujukan untuk data center. Adapun varian pertama dari kartu grafis tambahan Intel Xe sendiri diperkirakan hadir pada tahun 2020 dengan technology node 10 nm.