Find Us On Social Media :

Terra Drone Tawarkan Solusi Drone Canggih Pemantau Jalur Pipa Migas

By Liana Threestayanti, Senin, 20 Mei 2019 | 09:00 WIB

Akuisisi sebagian besar saham C-Astral, Terra Drone hadirkan solusi drone pemantau jalur pipa migas. Ilustrasi: jalur pipa Trans Alaska, di AS.

Terra Drone Corporation mengumumkan akuisisi sebagian besar saham C-Astral Aerospace. C-Astral merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan jasa pemanfaatan drone yang berbasis di Slovenia.

Keunggulan dari drone produksi C-Astral adalah pada aplikasi survei pemetaan, patroli keamanan, dan penginderaan jauh dengan produktivitas dan daya tahan tinggi.

Toru Tokushige, CEO Terra Drone Corporation, mengatakan, “Sebagai perusahaan global yang ingin memperluas portofolio kami, kami telah berdiskusi dengan banyak pengembang drone. Tapi, kami sangat terkesan dengan teknologi canggih, fleksibilitas misi, dan ragam solusi yang ditawarkan oleh C-Astral. ”

Produk C-Astral seri c4eye merupakan teknologi drone yang dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan, khususnya di sektor minyak dan gas seperti dalam kegiatan monitoring jalur pipa, pemantauan wilayah kerja, maupun patroli keamanan di daerah rawan dengan durasi terbang selama 3,5 jam tanpa henti.

Drone ini dapat memantau jalur pipa sejauh 100 kilometer secara live, dengan kamera resolusi sangat tinggi. Bahkan kamera tersebut dapat membaca plat nomor mobil sekalipun. Produk C-Astral juga sudah digunakan di lebih dari 50 negara di seluruh dunia, dengan jumlah unit yang sudah terjual sebanyak 250 unit.

Pemantauan dan pemeliharaan jalur pipa secara berkala telah menjadi standar operasi di perusahaan-perusahaan migas. Pemantauan jalur  pipa migas yang panjangnya mencapai hingga ratusan kilometer akan sulit dilakukan dan tidak efisien jika dilakukan melalui jalur darat. Terlebih lagi akan sangat rentan akan bahaya bagi para pekerja dan lingkungan perusahaan.

Dengan drone, pemantauan dan pemeliharaan jalur pipa yang melewati berbagai medan hingga wilayah-wilayah pemukiman warga ini dapat dilakukan secara efisien dan aman. Pemantauan ini dapat mendeteksi adanya kebocoran dan mendeteksi aktivitas yang mengganggu operasional.

Dengan diakuisisinya C-Astral, solusi yang sudah diadaptasi di 50 negara termasuk di Eropa, Asia Pasifik, Amerika Selatan, kini telah tersedia di Indonesia, khususnya solusi monitoring jalur pipa minyak dan gas menggunakan drone.