Find Us On Social Media :

Inilah Strategi YouAppi Garap Pasar Iklan Digital di Indonesia

By Adam Rizal, Senin, 20 Mei 2019 | 15:00 WIB

Ilustrasi YouAppi

Saat ini perusahaan-perusahaan di Indonesia masih mengandalkan iklan atau advertising untuk membangun awareness sebuah produk dari konsumen.

Pemasangan iklan pun tidak hanya di media televisi tetapi juga digital, menyusul makin banyaknya masyarakat Indonesia yang sering memandangi layar ponsel ketimbang televisi."Kita melihat Indonesia memiliki populasi terbesar keempat di dunia. Pengguna smartphone sangat banyak penetrasi internet di sini juga sedang sangat tinggi. Makanya YouAppi untuk region Asia Tenggara sendiri berbasis di Indonesia, biasanya kan perusahana lain berbasisnya di Singapura," kata Country Manager YouAppi Asia Tenggara Anna Mareta di Jakarta.

YouAppi sendiri merupakan platfrom penyedia layanan digital advertising asal Amerika Serikat (AS) dan telah mendukung 500 brand terkemuka di dunia.

Baca Juga: Canon Luncurkan EOS 200D II dengan Resolusi 4K di Indonesia, Harganya?

Anna menyebutkan YouAppi sudah beroperasi di 15 negara dan layanan digital advertising mereka menduduki posisi pertama di Timur Tengah dan Afrika. "Kami punya lima produk mobile marketing yang ditawarkan untuk para pengiklan. Mulai dari user acquisition, brand video, rewarded video, social campaign, dan re-engagement," ungkap Anna.Untuk user acquisition, YouAppi membantu klien yang memiliki aplikasi untuk bisa meningkatkan jumlah unduhan.

Apabila banyak pengguna yang sudah unduh tapi jarang membuka aplikasi atau berinteraksi, maka akan digunakan tool re-engagement."Misalnya, ada beberapa user dari aplikasi klien kami Bukalapak yang sudah lama tidak membuka aplikasi di ponsel mereka. Kmi bantu dengan buatkan sebuah notifikasi misalnya pada saat tanggal gajian untuk berupa reminder bahwa ada beberapa program diskon yang berlangsung di Bukalapak," ujar Anna.

Baca Juga: Smartphone Huawei Tidak Bisa Lagi Menggunakan Layanan GoogleUntuk branded video, YouAppi membangun awareness. Reward video merupakan iklan yang disisipkan di sebuah game mobile dan lainnya yang akan mendapatkan imbalan reward bagi user yang menyaksikan iklan tersebut."YouAppi memenuhi target awal kami dalam waktu satu bulan pertama kampanye kami, mencapai tingkat pembelian sebesar 59 persen dari pengguna pengguna bar," tutur Senior Digital Marketing Manager di Bukalapak, Niva Widya.Niva menceritakan bahwa di bulan Mei 2018 Bukalapak mencatat lonjakan tingkat pembelian sebesar 205 persen, dan tingkat pembelian unik sebesar 14 persen dari pengguna yang mendaftar selama periode kampanye ini."Gabungan tingkat pembelian yang tinggi dan biaya akuisisi pengguna yang rendah menjadikan kemitraan kami dengan YouAppi sebuah keberhasilan luar biasa bagi kedua perusahaan. Tahun ini YouAppi terus mendorong akuisisi kualitas tinggi akan pengguna baru dengan harga terendah bagi Bukalapak," beber Niva.

Baca Juga: Shopback Bagikan Jurus Jitu Belanjakan THR Agar Tak Lenyap Sekejap