Find Us On Social Media :

Mau Kerja di Perusahaan Grab? Kompetisi Ini Bisa Bantu Wujudkannya Loh

By Rafki Fachrizal, Selasa, 28 Mei 2019 | 12:00 WIB

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, dalam acara peluncuran Grab AI for SEA.

Grab mengadakan kompetisi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) bertajuk AI for S.E.A untuk pertama kalinya di Asia Tenggara.

Kompetisi ini digelar dengan tujuan untuk mempromosikan penggunaan data dan AI yang faktanya dapat digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan di kota-kota besar, seperti kemacetan lalu lintas dan keamanan.

Wui Ngiap Foo selaku Head of AI Initiatives Grab, mengatakan bahwa AI dapat membantu membuat suatu kota menjadi lebih pintar, baik, dan aman.

“Melalui ‘AI for S.E.A’, kami ingin mengajak masyarakat mewujudkan hal itu dengan tujuan membangun Asia Tenggara. Masyarakat akan mendapat kesempatan untuk bekerja dan belajar dari tim data science dan AI tingkat dunia, untuk bersama-sama membentuk solusi AI bagi kebaikan sosial,” jelas Foo.

Sementara itu, Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia, mengatakan “Kami percaya bahwa AI dapat menemukan cara terbaru untuk mengubah kehidupan jutaan orang di Asia Tenggara menjadi lebih baik. Karena itu, kami berinvestasi dalam jumlah besar untuk data science, machine learning, dan kapabilitas AI milik kami."

Neneng juga menjelaskan bahwa saat ini Grab adalah salah satu perusahaan dengan tim data science dan AI terbesar di Asia Tenggara, dengan jumlah karyawan sebanyak 250 orang dan diperkirakan akan terus bertumbuh.

“Kami ingin membuat perkumpulan talenta AI yang lebih dalam dan luas di Asia Tenggara, dan kami harap dengan program seperti ‘AI for S.E.A’, kami dapat mengajak lebih banyak orang untuk berkarir di bidang ini,” jelas Neneng.

Tertarik Ikutan? Begini Cara Daftarnya

Dalam kompetisi ini, terdapat tiga tema tantangan yang bisa dipilih oleh para pesertanya. Tiga tema tantangan tersebut yakni Traffic Management, Computer Vision, dan Safety.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti kompetisi ini, bisa mengunjungi situs www.aiforsea.com untuk mengetahui lebih lanjut tentang tema perlombaan dan mengunduh data set terkait.

Perlu dicatat, batas waktu submission hingga tanggal 17 Juni 2019, dan kandidat yang terpilih untuk babak selanjutnya akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2019.

Setelah itu, para finalis akan mempresentasikan solusi yang telah diciptakan di acara Demo Day pada minggu pertama di bulan Juli, dan pemenang juga sekaligus diumumkan di hari yang sama tersebut.

Nantinya, 50 orang peserta terbaik akan berkesempatan untuk bekerja secara full-time di Grab dengan beberapa pilihan posisi seperti Data Scientist, Data Analyst, Product Analyst, Data Engineers, dan Machine Learning Engineers.

Selain itu, lima peserta terbaik juga akan memperoleh hadiah uang tunai. Pemenang pertama mendapatkan S$10,000, pemenang kedua S$5,000, pemenang ketiga S$3,000, dan pemenang keempat serta kelima akan mendapatkan S$1,000.