Find Us On Social Media :

Mantan Istri Bos Amazon Sumbangkan Rp266 Triliun untuk Beramal

By Adam Rizal, Kamis, 30 Mei 2019 | 15:00 WIB

Mandatory Credit: Photo by Clemens Bilan/EPA-EFE/REX/Shutterstock (9641193h)Amazon CEO Jeff Bezos (L

Mantan istri orang terkaya di dunia Jeff Bezos, MacKenzie akan menyumbangkan setengah dari kekayaan untuk donasi kemanusiaan.

MacKenzie akan mengikuti perkumpulan filantropi Giving Pledge, kampanye filantrofi yang digagas Warren Buffet dan dipopulerkan Bill Gates.

Dengan mengikuti Giving Pledge, para miliarder dunia ini diminta mendonasikan setengah atau lebih dari kekayaan mereka.

"Pendekatan saya pada filantrofi akan terus hati-hati. Butuh waktu dan usaha. Tapi saya tidak akan menunggu," kata MacKenzie seperti dikutip CBS.

Sebagai bagian dari kesepakatan perceraian, MacKenzie memperoleh sekitar USD37 miliar atau (Rp532,9 triliun) dan menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Jika separuh kekayaannya disumbangkan, maka ia akan menyumbangkan sekitar USD18,5 miliar atau Rp266 triliun.

MacKenzie mengakuisisi 4 persen dari perusahaan Bezos dalam penyelesaian sengketa perceraian mereka.

"Selain aset apa pun yang telah ditanamkan dalam hidup saya, saya memiliki jumlah uang yang tidak proporsional untuk dibagikan," katanya.

Sejauh ini program Giving Pledge sudah ditandatangani oleh 204 orang kaya dan keluarga kaya dari 23 negara.

Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook) yang bergabung pada 2015 akan menyumbangkan 99 persen saham Facebook miliknya secara bertahap.

Namun masih banyak orang paling kaya di jagat teknologi yang belum bergabung seperti pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin serta Jeff Bezos, yang hartanya kini di kisaran USD 114 miliar usai berpisah dengan MacKenzie.

Bezos sendiri bukan salah satu penandatangan Giving Pledge. Namun, pada tahun lalu dia memasukkan USD2 miliar ke dalam dana amal yang dia dirikan sendiri untuk membantu para tunawisma dan membangun jaringan sekolah baru.