Find Us On Social Media :

Menkominfo Sebut Indonesia Butuh 600.000 Digital Talent per Tahun

By Indah PM, Jumat, 31 Mei 2019 | 15:30 WIB

Melihat perkembangan pesat teknologi digital di dunia, BSD City juga memiliki visi untuk membangun ekosistem digital terdepan di Indonesia.

Sejalan dengan visi itulah, maka BSD City menjalin kerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan berbasis IT. Mulai dari Apple Academy, Binar Academy, Purwadhika, Techpolitan dan Creative Nest.

Terlebih lagi Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia) dalam pidatonya di Apple Graduation yang berlangsung di BSD City pada awal tahun ini, mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan 600.000 digital talent per tahun. Angka tersebut meliputi talent untuk IoT (Internet of Things), artificial intelligence, big data analytics, robotic, dan beberapa silabus lainnya.

"Saya meminta kita fokus untuk menyiapkan digital talent di tingkat teknisi, sesuai dengan kebutuhan perusahaan besar seperti Microsoft, Cisco dan Google. Saya mengapresiasi Apple Academy yang ada di BSD City ini dapat turut berkontribusi,” tutur Rudiantara kala itu.

Baca Juga: Apple Luncurkan iPod Touch Terbaru dengan chipset iPhone 7, Harganya?

Selain Apple Academy, yang mencetak developer untuk aplikasi dengan sistem operasi berbasis iOS, BSD City juga menghadirkan beberapa institusi lainnya yang memiliki beragam program.

Salah satunya adalah Purwadhika Startup and Coding School. Purwadhika memiliki program digital marketing, web development, user experience (UX) design, data science, coding dan game development.

Kemudian Binar Academy yang menawarkan program untuk coding, product owner, back end dan front end dan User Interface (UI)&UX design juga telah membuka kelasnya untuk pelajar dan profesional di BSD City.

Selanjutnya Techpolitan dengan fokus dalam pengajaran coding Hypertext Preprocessor (PHP/untuk web development) dan Java (untuk Android), serta animasi 3D.

Baca Juga: Inilah 10 Tips Ampuh Hemat Baterai Ponsel Saat Mudik Lebaran

Yang terakhir Creative Nest Indonesia yang berfokus dalam pengajaran animasi, virtual reality, augmented reality, graphic design, game design, coding dan motion graphic juga memperkaya ekosistem digital di BSD City.

Institusi-institusi pendidikan tersebut saat ini berlokasi di berbagai tempat di BSD City seperti The Breeze dan Green Office Park. Ke depan, semua institusi pendidikan dan perusahaan berbasis digital akan ditempatkan di Digital Hub yang saat ini masih dalam tahap pembangunan oleh Sinar Mas Land.

Irawan Harahap (Project Leader Digital Hub) menyebut Digital Hub disiapkan untuk menjadi pionir dan kiblat ekonomi digital di Indonesia dengan berkaca dari Silicon Valley di AS.

Baca Juga: 8 Ponsel Android Terbaik dan Terbaru Harga Rp1 Jutaan di Indonesia