Find Us On Social Media :

Dell Segera Hadirkan XPS 13 2-In-1 Baru dengan Intel Ice Lake

By Cakrawala, Sabtu, 1 Juni 2019 | 22:49 WIB

Sam Burd (President, Client Solution Group, Dell; kiri) dan Ray Wah (Senior Vice President and General Manager, Consumer and Small Business Product Group, Dell) menunjukkan Dell XPS 13 2-in-1 baru yang diumumkan bersamaan Computex Taipei 2019 di Taiwan.

Pada awal Computex Taipei 2019, Intel mengumumkan secara resmi prosesor Core Generasi ke-10-nya yang memiliki codename Ice Lake. Pada acara yang berlangsung dari 28 Mei 2019 sampai 1 Juni 2019 itu, beberapa produsen notebook dan 2 in 1 pun menampilkan contoh produknya yang ditenagai oleh Intel Ice Lake tersebut. Salah satunya adalah Dell melalui XPS 13 2-in-1 barunya. Perangkat 2 in 1 bersangkutan tidak hanya menawarkan kelebihan yang diperoleh dari Intel Ice Lake, melainkan menawarkan beberapa kelebihan lain pula. Kombinasi ini diklaim Dell membuat XPS 13 2-in-1 barunya menawarkan pengalaman pengguna yang yang sangat baik.

"Sistem yang baru adalah 8% lebih tipis dari XPS 13 2-in-1 yang lama dan ia memiliki performa lebih tinggi 250%. Anda mendengarnya benar. Ia adalah sebuah desain yang indah begitu Anda meletakkan tangan Anda padanya. Ia lebih tipis dari apa yang kami miliki sebelumnya dan performanya jauh lebih tinggi," ujar Sam Burd (President, Client Solution Group, Dell).Ice Lake memang diklaim Intel bisa memberikan peningkatan kinerja dibandingkan generasi sebelumnya seperti halnya Whiskey Lake. Intel Whiskey Lake adalah codename prosesor Intel Core terkini untuk notebook serta 2 in 1 yang tipis dan ringan. Intel Ice Lake menawarkan kinerja grafis yang sekitar 2 kalinya, kinerja AI (artificial intelligence) yang sampai 2,5 kalinya, dan kecepatan koneksi nirkabel yang hampir 3 kalinya Intel Whiskey Lake. Namun, kinerja XPS 13 2-in-1 baru yang diklaim Dell jauh lebih tinggi dari XPS 13 2-in-1 lama, juga berkat penggunaan Intel Ice Lake dengan TDP (thermal design power) 15 W pada yang baru dan bukannya Intel Core seri Y dengan TDP standar 5 W seperti pada yang lama. Dell XPS 13 2-in-1 sebelumnya memang menggunakan Intel Amber Lake yang ber-TDP lebih rendah dari Intel Whiskey Lake. Sistem pendinginnya pun kini menjadi aktif. Intel Ice Lake telah pula mengintegrasikan Thunderbolt 3. Hal tersebut pun membuat produsen perangkat mobile lebih mudah dalam menghadirkan Thunderbolt 3 di produknya.Selain fitur yang hadir berkat penggunaan Intel Ice Lake, XPS 13 2-in-1 baru turut dilengkapi oleh Dell dengan aneka fitur lain. Dell XPS 13 2-in-1 baru misalnya menggunakan layar dengan aspect ratio 16:10 dan bukannya 16:9 seperti sebelumnya. Perubahan aspect ratio ini membuat Dell XPS 13 2-in-1 baru bisa menampilkan area yang lebih luas pada layarnya tersebut. Resolusinya sendiri hadir dalam dua pilihan, yakni Full HD+ dan Ultra HD+. Layar ini juga diklaim memiliki keakuratan warna yang lebih baik. Opsi tertinggi untuk layar adalah Ultra HD+ dengan dukungan HDR 400 dan Dolby Vision. Tak ketinggalan, Dell juga bekerja sama dengan Eyesafe agar pengguna Dell XPS 13 2-in-1 baru lebih terlindungi dari sinar biru yang merusak mata.Atau touchpad yang lebih besar, antara lain berkat aspect ratio layar yang baru, dan keyboard MagLev yang dari ujung ke ujung alias tidak lagi menyisakan bezel besar di sisi kiri dan kanan. Menariknya lagi, posisi webcam pada DELL XPS 13 2-in-1 baru pun telah diletakkan di bezel atas layar. Sebelumnya, posisi webcam tersebut diletakkan di bezel bawah layar pada DELL XPS 13 2-in-1 lama.DELL XPS 13 2-in-1 baru akan tersedia di dunia mulai bulan Juli tahun 2019 ini. Harganya sendiri mulai dari US$999,99.