Find Us On Social Media :

Semasa Lebaran, Telkomsigma Tetap Menjamin Keandalan Layanan

By Administrator, Senin, 3 Juni 2019 | 13:08 WIB

Di saat Lebaran ini, Telkomsigma menambah tim teknis untuk memastikan keberlangsungan layanan ICT dari seluruh pelanggan

Menentukan sistem pendukung operasional bisnis yang andal menjadi aspek krusial yang perlu disiapkan perusahaan guna menjaga bisnisnya agar tetap beroperasi normal di momen Lebaran. Kebutuhan ini kian terasa bagi sektor perbankan, penyedia jasa telekomunikasi, transportasi, hingga pariwisata, yang mengalami beban kerja operasional yang memuncak drastis.

Sebagai penyedia layanan Data Center dan solusi ICT yang telah dipercaya lebih dari 300 klien dari segmen multi industri di Indonesia,Telkomsigma secara konsisten berupaya menjaga ketersediaan layanan bagi seluruh kliennya di segala kondisi, terutama di saat high traffic seperti masa cuti libur lebaran.

Demi menciptakan kesiapan tersebut, tindakan antisipatif pun dilakukan Telkomsigma. Salah satunya melalui pembentukan Posko Siaga RAFI (Posko Siaga Hari Raya Idul Fitri). Telkomsigma menyiapkan Posko Siaga RAFI guna menjaga kontinuitas operasi data center Telkomsigma di tengah tingginya traffic data agar tetap stabil selama periode libur Lebaran.

Untuk mengantisipasi terjadinya kendala, Telkomsigma juga menambah jumlah tim teknis yang disiagakan menjadi lebih dari 760 personil. Tugas tim teknis ini adalah melakukan monitoring selama 24x7 dan berkoordinasi dengan Posko RAFI Telkom Group yang tersebar di wilayah Indonesia.

Semua persiapan tersebut penting dilakukan karena Telkomsigma memiliki peran strategis dalam mendukung kontinuitas sistem ICT di berbagai sektor critical dan layanan publik di Indonesia. Contohnya adalah, Telkomsigma harus mengamankan keberlangsungan aplikasi perbankan agar mampu berjalan Always ON. Telkomsigma juga memiliki tanggung jawab menjaga kesiapan sistem transportasi darat, laut, udara, yang dituntut beroperasi normal di saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Selain Posko RAFI, kapabilitas data center Telkomsigma telah terbukti mampu beroperasi penuh di saat kondisi darurat melalui Business Continuity Plan (BCP) Test yang secara periodik dilaksanakan. BCP Test merupakan kegiatan tes operasi layanan ICT secara nyata (real) untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan operasional layanan Telkomsigma saat berada di dalam kondisi darurat, sehingga tidak berdampak secara operasional maupun finansial bagi Telkomsigma maupun customer yang terlibat.

Melalui real testing secara periodik tersebut, tentunya membuktikan Telkomsigma memiliki infrastruktur Data Center dengan security dan reliability tingkat tinggi yang bersifat zero downtime DC Services. CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto memaparkan, “Fasilitas Data Center kami memiliki ketahanan dan keamanan yang andal, serta telah bersertifikasi Tier IV Facility dan Tier III Operation pertama di Asia Tenggara, serta mampu diadopsi bagi pelaku bisnis sektor critical secara luas tanpa khawatir memikirkan potensi terjadinya downtime”.

Layanan untuk Semua Segmen

Dengan kesiapan infrastruktur Data Center serta kapabilitas ICT yang dimiliki, Telkomsigma dipastikan mampu menjaga seluruh layanan cloud-nya agar tetap berjalan, serta mendukung kesiapan Telkomsigma dalam mengadopsi pengembangan teknologi digital, yang salah satunya diimplementasikan melalui CloudA.

Cloud Accelerator (CloudA) merupakan sebuah ekosistem IT infrastruktur berbasis teknologi Cloud Computing dari telkomsigma, yang tersedia dalam model layanan IaaS, SaaS, dan PaaS dengan skema pay-per-use yang siap pakai, dan bisa diakses kapan dan dimana saja melalui internet sehingga dapat menjadi sebuah alat kolaborasi yang menunjang produktivitas bisnis.

Direktur Bisnis Data Center & Cloud telkomsigma, Achmad Sugiarto menjelaskan, dengan dukungan teknologi berkelas enterprise yang dipadukan dengan biaya yang efisien, CloudA dirancang sebagai solusi produktivitas bagi pelaku usaha, baik untuk skala enterprise, pemerintah, dan juga startup.

Saat ini, CloudA dapat diakses melalui www.clouda.id.  Mitra CloudA dapat dengan mudah melakukan registrasi dan provisioning secara mandiri untuk kebutuhan infrastruktur berbasis cloud, dan akan mendapatkan saldo senilai Rp500.000 jika telah selesai melakukan registrasi.

Menghadirkan solusi inovatif dan menjaga kualitas operasi terbaik merupakan bentuk komitmen Telkomsigma untuk menghargai trust yang diberikan oleh seluruh pelanggan. Dan khususnya di momen Lebaran ini, Telkomsigma ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh kliennya, melalui upaya maksimal dalam menjaga pelayanan agar selalu “ON” dalam kondisi apapun.