Find Us On Social Media :

Selain Ice Lake, Intel Juga Umumkan Beberapa Produk Baru Lainnya

By Cakrawala, Senin, 3 Juni 2019 | 20:48 WIB

Gregory Bryant (Senior Vice President and General Manager, Client Computing Group, Intel) menyampaikan keynote Intel pada Computex Taipei 2019 yang mengangkat kerja sama dengan partnernya dan produk-produk baru untuk menghantarkan inovasi berikutnya. Inovasi tersebut ditargetkan membantu pengguna memberikan kontribusi terbaiknya.

Selain Ice Lake, pada gelaran Computex Taipei 2019 yang berlangsung dari tanggal 28 Mei 2019 sampai 1 Juni 2019, Intel juga mengumumkan beberapa produk baru lainnya. Intel antara lain mengumumkan mengenai Core vPro Generasi ke-9 untuk desktop dan notebook, Xeon E-2200, Core seri X baru, dan spesifikasi target 1.0 dari Project Athena. Intel Core vPro Generasi ke-9 untuk desktop dan notebook, Intel Xeon E-2200, dan spesifikasi target 1.0 dari Project Athena sudah tersedia sejak diumumkan, tetapi Intel Core seri X baru akan tersedia nanti di musim gugur tahun 2019 ini. Aneka produk baru tersebut tentu ditujukan untuk memberikan pengalaman berkomputasi yang lebih baik lagi.

Prosesor Intel Core vPro Generasi ke-9 untuk desktop dan notebook yang diumumkan mencakup Core i5, Core i7, dan Core i9. Menilik dokumen Intel, Intel Core vPro Generasi ke-9 ini hadir dalam 14 SKU, terdiri dari 11 untuk desktop dan 3 untuk notebook. Intel Core vPro generasi ke-9 untuk desktop mulai dari Core i5-9500T sampai Core i9-9900K, sedangkan Intel Core vPro generasi ke-9 untuk notebook adalah Core i5-9400H, Core i7-9850H, dan Core i9-9880H. Intel Core vPro sendiri adalah produk yang lebih ditujukan untuk perusahaan bukan pribadi. Dengan Intel Core vPro, departeman TI (teknologi informasi) suatu perusahaan misalnya bisa melakukan manajeman terhadap desktop dan notebook perusahaan dari jarak jauh.

Prosesor Intel Xeon E-2200 adalah penyegaran dari Intel Xeon E-2100. Baik Intel Xeon E-2200 maupun Intel Xeon E-2100, sama-sama mengusung codename Coffee Lake dan ditujukan untuk server entry-level maupun workstation. Namun, Intel Xeon E-2200 menawarkan varian tertinggi dengan core sebanyak 8 dan thread sebanyak 16, sedangkan Intel Xeon E-2100 menawarkan varian tertinggi dengan core sebanyak 6 dan thread sebanyak 12. Selain itu, untuk varian yang setara, Intel Xeon E-2200 pun menawarkan base clock dan turbo clock maksimal yang lebih tinggi. Terdapat 14 SKU Xeon E-2200 yang diumumkan.

Intel Core seri X adalah prosesor yang ditujukan untuk HEDT (high-end desktop). Intel Core seri X umumnya menawarkan jumlah core dan thread yang lebih banyak dari Intel Core untuk mainstream. Intel Core i9-9980XE yang merupakan varian tertinggi saat ini misalnya memiliki core berjumlah 18 dan thread berjumlah 36. Jumlah core dan thread tersebut jauh lebih banyak dari varian tertinggi untuk mainstream, Intel Core i9-9900K, yang memiliki core berjumlah 8 dan thread berjumlah 16. Soket yang digunakan dan chipset kompatibelnya berbeda pula.

Sementara, Project Athena disebut Intel sebagai progam inovasi yang mendefinisikan dan ditujukan untuk membantu membawa ke pasar sebuah kelas baru dari notebook dan 2 in 1 tingkat lanjut yang dibangun khusus untuk membantu orang fokus, beradapatasi terhadap peran kehidupan, dan selalu siap (digunakan). Project Athena ini merupakan kegiatan multitahun dan melibatkan para partner Intel. Adapun spesifikasi target yang diumumkan pada acara tahunan di Taiwan tersebut adalah spesfikasi target awal.

Pada keynote yang juga mengangkat kerja sama antara Intel dengan para partnernya dalam menghantarkan produk-produk yang membantu pengguna memberikan kontribusi terbaiknya, Intel dan para partnernya pun menampilkan beberapa hasil inovasi itu. Salah satunya adalah Acer ConceptD 9 yang menggunakan spesifikasi mumpuni termasuk prosesor Intel Core Generasi ke-9 kelas atas dan memiliki monitor yang bisa dilepas dari bingkai luarnya untuk diubah posisinya. Fitur-fitur yang dimiliki Acer ConceptD 9 membuatnya bukan sekadar perangkat 2 in 1, melainkan perangkat 2 in 1 yang bertenaga dan memiliki opsi untuk menempatkan monitor berlayar sentuhnya pada posisi yang unik. Kombinasi tersebut membuat Acer ConceptD 9 cocok untuk kreator. Ada juga Lenovo Yoga S940 yang merupakan perangkat hasil Project Athena. Lenovo Yoga S940 merupakan perangkat 2 in 1 tipis, ringan, memiliki daya tahan baterai yang lama, dan dilengkapi Lenovo Smart Assist. Fitur yang terakhir memanfaatkan AI (artificial intelligence) dan diklaim mampu membantu pengguna beraktivitas sehingga meningkatkan pengalaman pengguna.