Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur-fitur Terbaru Apple MacOS Catalina?

By Adam Rizal, Selasa, 4 Juni 2019 | 15:00 WIB

Apa saja Fitur-fitur Terbaru Apple MacOS Catalina?

Apple resmi meluncurkan macOS versi terbaru Catalina di gelaran konferensi tahunan para pengembang Apple (WWDC 2019) di San Jose, California, AS.

Apple memperbarui sejumlah fitur seperti fitur "search" Apple Podcast yang memiliki teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi pencarian konten.

Konten-konten Apple TV juga sudah mendukung resolusi hingga 4K. Ada pula fitur macOS terbaru Sidecar yang membuat layar iPad sebagai layar sekunder dari perangkat yang terpasang macOS Catalina (misalnya MacBook).

Terakhir, Apple memperbarui dukungan aksesibilitas macOS Catalina dengan peningkatan performa. Kini algoritma suara asisten digital "Siri" dapat mengontrol Mac secara penuh hanya dengan perintah suara.

Kini macOS Catalina pun hadir dengan fitur pencarian perangkat Apple, atau disebut "Find My" yang bisa digunakan saat sistem tidak terkoneksi dengan internet (menggunakan Bluetooth).

MacOS Catalina juga hadir dengan sistem "activation lock" yang bisa digunakan untuk melindungi perangkat Mac dari pencurian (hanya hadir di Mac dengan chip keamanan T2) sebagaimana dirangkum TrustedReviews.

Untuk ketersediaan secara umum, macOS Catalina bakal diluncurkan sekitar Juli 2019. Bagi pengguna yang tidak sabar ingin mencobanya, Anda bisa pergi ke situs Apple khusus untuk para pengembang dan mendaftarkan diri mereka serta login di situs tersebut.

Sebagai informasi, akses macOS terbaru ini terbatas hanya untuk para pengembang dan sejatinya merupakan versi beta, maka akan ada biaya berlangganan tahunan sebesar 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 juta.