Find Us On Social Media :

Apple Resmi Kenalkan iOS 13, Inilah Fitur-fitur Terbarunya

By Adam Rizal, Selasa, 4 Juni 2019 | 16:00 WIB

Apple Resmi Kenalkan iOS 13, Ini Fitur-fitur Terbarunya

Apple resmi memperkenalkan iOS 13 di panggung WWDC 2019 yang menawarkan peningkatan performa dan fitur-fitur terbaru.

"iOS 13 mampu membuka aplikasi dua kali lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya, termasuk kemampuan Face ID saat membuka ponsel," kata Senior VP of Software Engineering Apple Craig Federighi.

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, iOS 13 menawarkan fitur Dark Mode. Kemudian, pembaruan lainnya ada pada pada keyboardnya. Apple menghadirkan fitur swipe seperti ditemui di keyboard SwiftKey dan Gboard.

Apple menambahkan sejumlah kemampuan pada fitur Remainder dengan menghadirkan tampilan anyar dan opsi Today, Scheduled, Flagged dan All untuk memfilter tugas. Apple pun sudah mengintegrasikan AI pada fitur tersebut.

"Fitur Ai ini akan menyarankan kapan pengguna ingin diingatkan dan menandai kontak," ujarnya.

Aplikasi Mail, Note dan Safari turut diberikan sejumlah kemampuan baru. Apple Maps yang disebutkan lebih komprehensif dan memiliki fitur mirip Google Street View.

Mengikuti jejak WhatsApp, pengguna juga dapat menampilkan foto profil dan nama. Pengguna dapat berbagi nama dan foto profil tersebut ke pengguna Message lain.

Uniknya pengguna bisa menggunakan Memoji untuk foto profile dan mengirim stiker emoji pada aplikasi pesan pihak ketiga.

Apple turut memperbarui tampilan aplikasi Photos dan melengkapinya dengan machine learning untuk membuang foto yang terduplikasi. Uniknya, Apple menghadirkan fungsi pengeditan foto dan video.

Pada pengeditan video, pengguna nantinya bisa menambahkan highlights, shadows, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette dan noise reduction pada konten.

Kabar baiknya lagi, iOS akhirnya bisa menarik file dari SD Card dan USB flash drive ke dalam aplikasi File.

Apple tidak ketinggalan melakukan peningkatan privasi di iOS 13. Pengguna dapat memilih untuk memberikan data lokasi ke pada aplikasi untuk mencegah mereka dimata-matai.

Pengguna bisa login menggunakan Face ID dan membuat akun baru tanpa membeberkan data personal.

iOS 13 versi developer tidak tersedia saat ini, sementara public beta akhir bulan ini. Untuk iOS 13 versi final akan tersedia beberapa bulan lagi di iPhone 6s ke atas. Ini artinya iPhone 6 dan 5s tidak mendapatkan update ini.