Find Us On Social Media :

Logika Apple: Beli Penopang US$1000 untuk Monitor seharga US$5000

By Wisnu Nugroho, Selasa, 4 Juni 2019 | 14:10 WIB

Apple Pro Display XDR, monitor kelas premium yang ditujukan bagi profesional di bidang visual

Kita semua tahu Apple selalu memposisikan produknya di segmen premium. Namun tawaran Apple untuk monitor terbarunya cukup membuat geleng kepala. Betapa tidak, Apple menjual monitor dan penopangnya secara terpisah dengan harga fantastis.

Monitor terbaru Apple, Pro Display XDR, memang bukan monitor biasa. Monitor berukuran 32 inci ini memiliki resolusi 6K dan dilengkapi teknologi monitor paling mutakhir. Panel monitor ini dapat menghasilkan cahaya berkekuatan 1000-1600 nit sehingga menghasilkan brightness yang jauh lebih tinggi dibanding monitor biasa. Monitor ini juga dapat menampilkan lebih dari satu miliar warna dengan contrast ratio sangat impresif, yaitu 1.000.000:1.

Dengan spesifikasi setinggi itu, Apple Pro Display XDR ditujukan bagi Profesional di bidang visual.

Apple Pro Display XDR dijual tanpa penopang, sehingga Anda harus keluar dana US$200-1000 untuk "memegang" monitor ini

Namun yang menarik adalah, monitor ini dibanderol dengan harga US$5000 (atau sekitar Rp.70 juta) tanpa penopang. Padahal tanpa penopang, monitor ini praktis tidak dapat berdiri dengan layak.

Apple sendiri menyediakan dua pilihan penopang. Yang pertama adalah The Pro Stand seharga US$1000 atau sekitar Rp. 14 juta. Penopang ini memiliki mekanisme magnetis untuk "memegang" Apple Pro Display XDR. The Pro Stand juga dapat memegang monitor dalam posisi landscape maupun portrait.

Jika penopang ini terlalu mahal untuk Anda, Apple menyediakan pilihan lain, yaitu VESA Mount Adapter. Sekadar mengingatkan, VESA adalah standar untuk penopang monitor dan televisi. Apple menjual adapter ini seharga US$200. Perlu diingat, yang dijual Apple hanya adapter, jadi Anda tetap harus membeli penopang berstandar VESA lagi.

Jadi bisa disimpulkan, Apple Pro Display XDR baru dapat berfungsi normal jika Anda mengeluarkan dana sekitar US$5200-6000. Nah, apakah Anda siap membeli monitor 32 inci semahal itu?