Menurut Lenovo, berdasarkan riset yang dilakukannya, para pemain gim alias gamer masa kini bukan lagi stereotip masa lampau. Pemain gim masa kini bukan lagi laki-laki muda yang betah di dalam kamar dan asyik dengan perangkat bermain gimnya. Pemain gim masa kini terbagi ke dalam lima segmen, yakni Hardcore, Avid, Moderate, Casual, dan Casual Customizer. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bergerak di industri gaming saat ini perlu melihat dan memahami para pemain gim masa kini tersebut untuk lebih mampu memenuhi kebutuhan mereka.
Lalu pemain gim yang bagaimana yang masuk dalam masing-masing segmen? Berikut penjelasan Lenovo.
Hardcore. Pemain gim yang sudah bermain gim selama sepuluh tahun lebih dan bermain gim karena passion-nya. Pemain gim segmen ini biasanya memiliki usia yang lebih muda dari segmen lain dan fokus bermain gim dengan orang lain secara multiplayer. Bermain gim adalah cara utama mereka untuk mendapatkan hiburan.
Avid. Mirip Hardcore, Pemain gim Segmen Avid adalah pemain gim yang sudah bermain gim selama sembilan tahun lebih. Namun, pemain gim segmen ini lebih sering bermain gim sendiri. Mereka juga suka menonton streaming gim. Pemain gim Segmen Avid tidak terlalu memproriataskan kualitas grafis.
Moderate. Pemain gim yang sudah bermain gim selama sekitar 15 tahun. Pemain gim segmen ini biasanya agak lebih tua dari Segmen Hardcore maupun Avid. Mereka senang bermain gim, tetapi tidak suka menonton streaming gim.
Casual. Pemain gim yang sudah bermain gim rata-rata 16 tahun. Mereka suka memainkan gim secara sendiri alias single player dan bermain gim hanya ketika ada waktu luang.
Casual Customizer. Pemain gim yang telah bermain gim sekitar 24 tahun. Pemain gim segmen ini sudah tidak begitu sering bermain gim dibandingkan segmen lainnya. Casual Customizer biasanya memiliki PC gaming dan masih mengerti komponen PC terbaru serta perihal membangun dan meng-upgrade PC.
Menilik penjelasan yang disampaikan Lenovo, usia menjadi faktor penting yang menentukan suatu pemain gim masuk ke segmen yang mana. Lenovo menilai ketika urusan kerja dan keluarga masuk ke aspek kehidupan, waktu tersedia untuk bermain gim menjadi lebih terbatas. Namun, hasrat untuk bermain gim dan keinginan untuk mendapatkan pengalaman bermain gim yang terbaik masih tetap ada. Oleh karena itu, kebutuhan akan PC gaming bertenaga yang stylish dan bisa memuaskan semua segmen pemain gim menjadi makin besar. Sewajarnya Lenovo pun menyesuaikan produk PC gaming-nya dengan hasil risetnya ini.
"Bab kehidupan seorang gamer itu penting dan saat mereka semakin dewasa dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar, cara mereka bermain game pun berubah. Mereka bisa berubah dari hardcore gamer menjadi moderate gamer, tergantung pekerjaan atau kehidupan. Karena itulah kebutuhan akan gaming PC yang stylish tapi powerful yang memuaskan semua jenis gamer semakin tinggi," tandas Sandhya Nagaraj (Costumer Insights Manager, Intelligent Devices Group, Lenovo).