Find Us On Social Media :

Tri akan Luncurkan Jaringan 5G di Inggris. Indonesia Kapan Nih?

By Rafki Fachrizal, Selasa, 11 Juni 2019 | 17:30 WIB

Ilustrasi Three Store di Inggris

Operator telekomunikasi Three (di Indonesia bernama Tri) dikabarkan akan meluncurkan jaringan 5G pada bulan Agustus mendatang di Inggris.

Jika tidak ada aral melintang, nantinya jaringan 5G ini akan hadir untuk mendukung perangkat ponsel pintar dan broadband rumahan.

Dilansir dari The Verge (11/06/19), pihak Three mengatakan bahwa jaringan ini akan tersedia di 25 kota di Inggris termasuk di London, Cardiff, Glasgow, Birmingham, Manchester, dan Liverpool.

Untuk tahap pertama, jaringan 5G akan terlebih dahulu tersedia di Kota London dan kemudian akan menyusul tersedia di kota-kota lainnya.

Baca Juga: Apa Itu 5G? Apa Kelebihan yang Ditawarkannya bila Dibandingkan 4G?

Menjadi sebuah kebetulan lantaran sesuai dengan nama perusahaan telekomunikasi ini, Three menjadi perusahaan ketiga yang menghadirkan jaringan 5G di negara yang memiliki julukan “The Black Country” ini.

Sebelumnya, sudah ada EE yang terlebih dahulu meluncurkan jaringan ini. Jaringan 5G yang dihadirkan EE sudah aktif di enam kota di Inggris dan mampu menawarkan kecepatan dengan rata-rata sebesar 200Mbps.

Di urutan kedua, Vodafone akan segera meluncurkan jaringan 5G pada 3 Juli mendatang dan akan membawa jaringan ini ke 19 kota di Inggris.

Baca Juga: Teknologi 5G Dikhawatirkan akan Kacaukan Sistem Prakiraan Cuaca

Meski hadir terlambat, pihak Three mengatakan bahwa jaringan 5G yang ditawarkan mampu memberikan kecepatan hingga dua kali lipat dari para pesaingnya.

Mengapa mampu lebih cepat? Alasannya di latar belakangi dari infratruktur jaringan 5G milik Three yang di mana sudah menggunakan spektrum 140MHz.

Tidak hanya itu, Three juga mengakui bisa lebih unggul lantaran jumlah cakupan kota yang sediakan untuk jaringan 5G ini lebih banyak, yaitu 25 kota.

Jadi, kapan Three menghadirkan jaringan 5G di Tanah Air? Kita tunggu saja.

Baca Juga: Jaringan 5G Mustahil Terwujud Tanpa Kehadiran 6 Teknologi ini