Find Us On Social Media :

Sebelas Ponsel Xiaomi yang Pertama Dapat Sistem Operasi Android Q

By Adam Rizal, Senin, 17 Juni 2019 | 11:30 WIB

Jadi Ponsel Gaib, Inilah Kesulitan Rakit Xiaomi Redmi Note 7 di Indonesia

Google telah mengumumkan kehadiran Android Q dalam gelaran tahunan I/O beberapa waktu lalu. Rencananya, sistem operasi Android terbaru ini bakal mulai dirilis pada akhir tahun 2019.

Meski baru akan dirilis akhir tahun ini, beberapa merek smartphone seperti Huawei dan OnePlus sudah bisa mencoba Android Q dalam versi beta.

Berbeda dengan Huawei dan OnePlus, Xiaomi baru mengumumkan daftar smartphone yang bakal lebih dahulu kebagian Android Q.

Menurut jadwal, Android Q pada smartphone Xiaomi akan dirilis pada kuartal empat (Q4) 2019 sampai kuartal pertama (Q1) 2020 mendatang. Dalam daftar yang dirilis Xiaomi, setidaknya ada sebelas smartphone yang akan lebih dulu kebagian sistem operasi ini.

Semua smartphone tersebut merupakan smartphone kelas menengah ke atas Xiaomi untuk seri Mi dan Redmi. Berikut ini adalah daftar sebelas smartphone Xiaomi yang lebih dulu kebagian Android Q sebagaimana dikutip GSM Arena.

Dirilis pada Q4 2019:

Xiaomi Mi 9 Xiaomi Mi 9 SE Xiaomi Redmi K20 Pro Xiaomi Redmi K20 Xiaomi Mi 8 Xiaomi Mi 8 Pro Xiaomi Mi 8 Explorer Xiaomi Mi Mix 2S Xiaomi Mi Mix 3

Dirilis pada Q1 2020:

Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Sayangnya, Xiaomi belum mengumumkan smartphone kelas bawah miliknya yang akan kebagian sistem operasi ini.

Android Q sendiri dirilis dengan membawa sejumlah fitur dan dukungan baru. Android Q akan dapat digunakan secara optimal pada perangkat smartphone layar lipat dan mendukung kemampuan jaringan 5G.

Selain itu, ada pula beberapa fitur lain yang disematkan. Salah satunya yang paling banyak diperbincangkan adalah kehadiran dark mode alias mode gelap yang dapat membuat perangkat lebih irit baterai dan nyaman di mata ketika digunakan.

Android Q juga memiliki fitur Live Captions. Dengan fitur ini, pengguna dapat menerjemahkan video ke dalam tulisan secara real-time mirip seperti sebuah subtitle.

Ada pula fitur lain seperti smart reply, focus mode, sampai parental control untuk memantau penggunaan smartphone oleh anak.