Find Us On Social Media :

Pendapatan Parbik Pembuat Semikonduktor Turun pada Kuartal Kedua Lalu

By Cakrawala, Senin, 17 Juni 2019 | 21:28 WIB

Menurut TrendForce, pendapatan total untuk pabrik pembuat semikonduktor di dunia pada kuartal kedua tahun 2019, diperkirakan akan mengalami penurunan sebesar 8% dibandingkan kuartal kedua tahun 2018. Penyebabnya diyakini adalah ketidakstabilan politik dan ekonomi yang membuat permintaan yang menurun, yang juga terjadi pada kuartal pertama tahun 2019. Besarnya pendapatan total untuk pabrik pembuat semikonduktor di dunia pada kuartal kedua tahun 2019 tersebut diprediksikan mencapai US$15,4 miliar.

Ketidakstabilan politik dan ekonomi antara lain disebabkan perselisihan tarif antara Amerika Serikat dengan Cina, India, dan Meksiko serta koflik di Timur Tengah. Di-blacklist-nya Huawei pun diperkirakan akan mempengaruhi pendapatan pabrik pembuat semikonduktor di dunia pada semester kedua yang akan datang.

Menariknya, di antara lima besar pabrik pembuat semikonduktor di dunia, TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) mengalami penurunan persentase pendapatan yang paling kecil pada kuartal kedua tahun 2019. Penyebabnya dinilai adalah meningkatnya permintaan akan proses tingkat lanjut TSMC, utamanya technology node 7 nm. Beberapa SoC dan prosesor terkini memang menggunakan technology node 7 nm tersebut.

Posisi lima besar pabrik pembuat semikonduktor di dunia pada kuartal kedua tahun 2019 berdasarkan pangsa pasar, masih sama dengan tahun lalu. Posisi tersebut adalah TSMC, Samsung, GlobalFoundries, UMC (United Microelectronics Corporation), dan SMIC (Semiconductor Manufacturing International Corporation). TSMC sendiri memiliki pangsa pasar yang hampir 50%, yakni 49,2%. Sementara, Samsung memiliki pangsa pasar 18%, GlobalFoundries mempunyai pangsa pasar 8,7%, UMC memiliki pangsa pasar 7,5%, dan SMIC mempunyai pangsa pasar 5,1%.

Meskipun begitu, bila blacklist terhadap Huawei terus berlanjut, Samsung diperkirakan bisa mendapatkan keuntungan dengan mengambil alih pasar smartphone yang ditinggalkan Huawei. Bila hal itu terjadi, jumlah SoC Exynos yang terjual akan meningkat. Peningkatan penjualan SoC Samsung tentu membantu meningkatkan pula pangsa pasar Samsung sebagai pabrik pembuat semikonduktor.